This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 30 Juni 2016

Phobia Yang Paling Sering Terjadi Didunia

Phobia Yang Paling Sering Terjadi Didunia


Fobia (phobia) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya.





Ada perbedaan “bahasa” antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia. Pengamat fobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara dibayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.Ada 10 jenis objek yang paling sering ditakuti oleh manusia di muka bumi ini seperti dilansir situs didunia.net :

1. Takut ular

Ini merupakan jenis phobia yang paling sering dijumpai. Ketakutan secara berlebihan pada ular dikaitkan pada kemampuan nenek moyang kita bertahan di alam liar. Ular sejak dulu dianggap hewan berbisa, menjijikkan, dari masa ke masa. Bahkan juga diidentikkan dengan setan oleh keyakinan tertentu. Ternyata phobia akan ular ini bersifat evolusioner, diturunkan oleh nenek moyang manusia sejak zaman dulu sampai sekarang.

2. Takut laba-laba

Ditemukan bahwa kaum perempuan empat kali lipat lebih banyak jumlahnya yang takut atau jijik pada laba-laba daripada kaum lelaki. Pada studi yang dipublikasikan di jurnal Evolution and Human Behavior, David Rakison dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengatakan bahwa bayi perempuan usia 11 bulan mampu mengekspresikan ketakutan begitu melihat gambar laba0laba dan ular, sedangkan bayi lelaki tidak. Teori evolusi mengatakan bahwa hal itu wajar, sebab kaum perempuan sering bersua laba-laba di rumah, atau saat mereka menyiapkan makanan di dapur. Sedangkan kaum lelaki cenderung diajarkan untuk berani pada hewan tersebut ketika berada di alam liar.

3. Takut ruangan tertutup

Dikenal juga dengan nama agoraphobia, ketakutan ini diderita oleh 1,8 juta orang Amerika berusia dewasa, demikian menurut laporan National Institute of Mental Health pada tahun 2008. Tempat tertutup yang dianggap sulit untuk mereka melarikan diri atau keluar merupakan obyek yang paling ditakuti. Biasanya mereka takut pada elevator/lift, ruang olah raga tertutup, jembatan, kendaraan transportasi umum, mobil, mall, bahkan juga pesawat. Penderita biasanya malas bepergian atau berada di dalam mobil terlalu lama.

4. Takut pada orang lain

Pernah bertemu orang yang mukanya memerah saat bicara di depan orang banyak? Berkeringat, susah bicara atau gagap atau bahkan sampai sakit perut? Itulah ciri-ciri orang yang takut pada orang lain atau dikenal dengan nama sosialphobia. Sebanyak 15 juta orang Amerika dewasa menderitanya, demikian menurut National Institute of Mental Health. Yang parah, kadang bukan saat melakukan pembicaraan di depan umum saja. Penderita sosialphobia juga kerap kesulitan makan atau minum di depan orang banyak. Gejalanya baru terlihat setelah memasuki usia puber.

5. Takut ketinggian

Ini adalah jenis phobia yang juga lumayan banyak penderitanya. Diperkirakan sebanyak 3-5% dari seluruh populasi dunia menderita akrophobia, takut berada di tempat tinggi. Pada riset yang pernah dilakukan, penderita akrophobia merasa semua tempat tinggi berjarak lebih tinggi dari yang sesungguhnya. Misalnya tinggi sebenarnya hanya 3 meter, maka di mata penderita akrophobia, mereka seperti melihat obyek yang tingginya 6 meter.

6. Takut kegelapan

Takut pada kegelapan yang diderita anak-anak ternyata adalah phobia paling umum juga. “Anak-anak mempercayai imajinasinya bahwa di kegelapan bisa mendadak muncul hanti, penculik, atau perampok,” jelas Thomas Ollendick, profesor psikologi dan direktur Child Study Center di Virginia Tech. Secara normal, ketakutan ini akan hilang seiring dengan bertambahnya usia. Namun jika hingga usia dewasa kita masih menderita ketakutan pada gelap, maka artinya kita menderita nyctophobia.

7. Takut kilat dan halilintar

Bagi para penderita phobia ini, suara halilintar dan kilat akan terasa seperti menghentak jantung, bahkan membuat mereka berkeringat. Penderita yang parah bahkan sampai memutuskan pindah ke daerah yang aman dari petir dan kilat., demikian kata John Westefeld, ilmuwan dari University of Iowa. Westefeld melaporkan, dari surveinya terhadap mahasiswa di tahun 2006, sebanyak 73% menderita ketakutan ringan pada cuaca. Namun kebanyakan mereka malu untuk mengakuinya. Bagi mereka yang phobia pada kilat dan halilintar, ada baiknya mulai melatih rasa panik dan kecemasan.

8. Takut terbang

Jangan dikira mereka ini orang udik yang belum pernah naik pesawat, sebab faktanya sebanyak 25 juta warga Amerika juga menderita phobia ini. Nama penyakitnya adalah aviophobia, dimana seseorang sangat takut naik pesawat. Bisa jadi memang sudah sejak lahir begitu, atau ada yang pernah mengalami kecelakaan pesawat sehingga merasa trauma naik pesawat lagi, sebab peristiwa mengerikan itu terus terbayang.

9. Takut Anjing

Tidak usah harus anjing besar jenis doberman, anjing yang imut macam pudel pun ditakuti. Penderita cynophobia ini mengalami rasa takut digigit anjing, bisa jadi memang pernah digigit atau melihat orang lain digigit anjing, demikian menurut profesor psikologi Brad Schmidt dari Ohio State University.

10. Takut Dokter Gigi

Bukan cuma anak kecil lho yang takut ke dokter gigi, orang dewasa juga ada. Sebanyak 9-20 oersen orang Amerika ternyata menghindari memeriksakan giginya ke dokter walau sudah dalam kondisi parah sekalipun. Rasa takut ini lebih disebabkan oleh rasa nyeri yang timbul ketika plak gigi dibersihkan, dan memang tidak semua orang bisa menahannya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ditunggu komentarnya

                   Penangkapan Pencurian Mobil Di Thamrin Plaza


Rabu, 29 Juni 2016

Phobia Aneh DI Indonesia

Phobia Aneh Di Indonesia


Setiap orang pasti memiliki phobia masing-masing, mulai dari takut ketinggian, takut binatang melata, dan sebagainya. Namun itu semua sudah biasa untuk jaman sekarang ini. Namun ada beberapa orang yang phobia dengan makanan yang sebenarnya kelihatan biasa-biasa saja bagi kebanyakan orang.

Ini dia phobia-phobia teraneh di Indonesia, yakni :

1. Phobia nasi


Nasi ? Ya bagi orang Indonesia nasi merupakan makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Namun siapa sangka ternyata ada beberapa orang yang phobia terhadap makanan satu ini.


2. Phobia buah pepaya


Buah pepaya adalah buah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun beberapa orang juga ternyata phobia terhadapa buah satu ini. Alasan mereka phobia sebenarnya kurang masuk dalam akal bagi orang-orang biasa yang justru malah menggemari makanan satu ini.

3. Phobia Daging Ayam


Daging ayam ? Entah apa alasan beberapa orang phobia terhadapa daging yang satu ini. Namun ternyata ada beberapa orang yang phobia terhadap daging yang satu ini.

Apakah anda mempunyai phobia dengan daftar yang ada diatas ? Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ditunggu komentarnya

Baca juga : Alasan Gajah Selalu Kalah Dengan Semut
                   Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Selasa, 28 Juni 2016

Phobia Pada Uang

Chrometophobia (Ketakutan Pada Uang)



Rasa takut terhadap uang mungkin akan sulit dipahami oleh banyak orang, ketakutan ini tidak terjadi secara teratur. Ketika uang adalah sumber dari kecemasan dan ketakutan terus-menerus, mungkin orang ini telah menderita Chrometophobia. Kenapa bisa terjadi ? Silahkan baca ulasan selengkapnya dibawah ini 




Dalam perekonomian yang sulit seperti ini, mungkin banyak yang menanggap phobia ini sangat menggelikan. Namun, rasa takut terhadap uang lebih rumit dari yang kelihatan. Hal ini dapat dihubungkan dengan tekanan mengelola uang, yang lebih sulit dari sebelumnya.

Orang yang punya uang sedikit juga mungkin rentan terhadap Chrometophobia. Mereka akan merasa cemas ketika mereka berpikir tentang sedikitnya uang yang mereka miliki. Uang akan menjadi fokus yang tidak diinginkan dalam hidup mereka, dan ketegangan yang mereka rasakan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka.

Terkadang, memiliki uang membawa tekanan baru. Sementara kebanyakan akan senang memiliki banyak uang, beberapa orang yang memiliki uang yang banyak akan mengelola uangnya dengan baik.Disaat seseorang memiliki uang yang banyak, orang harus mempertimbangkan investasi, pajak, dan segala sesuatu yang sejalan dengan manajemen uang. 

Orang yang tidak punya uang, dan tidak menemukan cara untuk memperbaiki kehidupan mereka jelas akan sangat tahu tinggal berapa uang yang mereka miliki dan akan selalu diselubungi rasa takut. Berpikir terus-menerus tentang uang dan bagaimana hal itu mempengaruhi hidup Anda akan menjadi penyebab awal terkena fobia ini. Terlalu banyak berpikir tentang satu hal dapat menjadi tanda bahwa itu adalah fobia potensial.

Cara Mengatasi Chrometophobia

Pahami mengapa Anda takut uang. Langkah pertama dalam mengatasi ketakutan Anda adalah mengakui rasa takut Anda dan memahami mengapa Anda takut. Bisa jadi rasa takut karena kekurangan uang, beban utang, atau alasan lain. Pikirkan tentang mengapa uang menyebabkan Anda takut atau stres.

Pelajari lebih lanjut tentang uang.Kita takut hal yang tidak kita mengerti. Pelajari tentang uang dengan berbicara tentang hal ini dengan pasangan Anda atau teman, membaca buku, majalah, mencari di web, atau menonton acara di TV mengenai keuangan. Semakin banyak Anda tahu tentang uang, semakin kecil rasa takut anda.

 Kenali Ketakutan Anda.Sama seperti laba-laba, Anda harus menghormati uang, tapi tidak takut. Jika gaji anda yang tidak cukup yang menyebabkan kecemasan Anda, cobalah menabung. Jika Anda merasa hancur oleh utang, buatlah rencana agar masalah hutang anda dapat segere terselesaikan. Semakin cepat Anda mengatasi ketakutan Anda terhadap uang, semakin cepat Anda dapat mengatasi phobia anda.

Kontrol uang, jangan biarkan uang mengendalikan Anda.Menyiapkan anggaran adalah cara yang baik untuk mendapatkan mengendalikan keuangan. Mulailah dengan pelacakan pendapatan dan pengeluaran Anda selama sebulan, kemudian mencoba untuk mulai membuat rencana. Anda dapat menggunakan spreadsheet sederhana atau program anggaran untuk membuat pekerjaan lebih mudah.

Mencari bantuan profesional. Terkadang menyelesaikan masalah sendiri sangatlah sulit. Jika Anda telah mencoba beberapa perbaikan dan masih belum menemukan obat untuk menyembuhkan ketakutan Anda, maka Anda mungkin perlu mencari bantuan profesional.

Menurut saya phobia ini sangat unik dan langka. Jika seseorang takut kepada uang tentunya itu akan merepotkan dirinya sendiri dalam bernegosiasi kepada semua orang. Tentunya phobia ini dikarenakan karena kejadian – kejadian masa lalu yang bisa membuat trauma seseorang sehingga takut pada suatu benda. Takut kepada uang memiliki sisi positif dan negatif tentunya, positifnya orang tersebut bisa lebih dermawan dengan menyumbangkan uang – uangnya. Negatifnya seseorang bisa kehabisan uang jika terus membuang – buang uang apalagi jika tidak memiliki banyak uang tentunya.

Sebaiknya dilakukan pendekatan – pendekatan yang  lembut dan menguntungkan bagi orang tersebut karena dengan pendekatan tersebut seseorang bisa dengan pelan – pelan mulai terbiasa dengan uang. Selain itu juga bisa memberitahukan kebaikan kebaikan apa saja jika kita bisa memiliki uang.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda 

Baca juga : Ketemu Hantu Pocong
                   5 Tanda Si Cowok Naksir Kamu

Senin, 27 Juni 2016

Phobia Di Kalangan Blogger

BloggerPhobiania (Phobia Dikalangan Blogger)


Udah dengar penyakit phobia yang baru? Sini cari tau. Seperti yang kita ketahui, Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Phobia juga bisa menghambat hidupmu. Mungkin saja karena ketakutanmu yang berlebihan, akan menghambat pekerjaanu. Misalnya seseorang dokter atau perawat yang phobia terhadap darah. Tentu saja akan menghambat pekerjaannya. 






Phobia juga telah hadir dikalangan blogger dan akan menghambat buat para blogger. Phobia itu dinamakan BloggerPhobiania. Apa itu BloggerPhobiania? BloggerPhobiania adalah rasa ketakutan yang berlebihan blogger. Bukan karena takut untuk ngeblog, namun takut karena tak ada gunanya, takut gagal, takut buang-buang waktu dan takut tak menghasilkan uang. Sebenarnya itu sepele. Phobia ini biasanya menjangkit para blogger yang baru masuk dunia blogger kurang dari setahun. 

Apa penyebab BloggerPhobiania ?

Penyebabnya simple. Seorang blogger akan mengalami BloggerPhobiania ketika dia memulai blogger karena mimpi yang terlalu tinggi dan kurang realistis. Bermimpi setinggi apapun sih sah-sah saja. Namun harus realistis juga. Misalnya seorang yang baru memasuki dunia blogger sudah memiliki impian untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari beberapa Adsense. Seorang yang sudah lama bermain blogger pun terkadang masih susah mendapatkan itu. Apalagi yang baru bermain blogger. Saat blogger baru itu tidak mendapatkan uang yang diperkirakan sangat cepat dan mudah, blogger itu akan enggan untuk update blog dan takut untuk melanjutkan blognya tersebut. Dan akhirnya, blognya tak terurus dan perlahan mati.

 Ada penyebab lain. Yaitu karena mengetahui blogger itu karena Uang. Uang memang membutakan orang-orang termasuk blogger pemula. Biasanya blogger pemula yang hanya ingin mendapatkan uang itu akan semangat diawal dan akan meredup saat merasa tidak ada yang mengklik iklan adsensenya. Tentu saja tidak ada yang mengklik. Visitors pun belum ada, bagaimana iklan bisa kena klik? 

Begitu bahanya BloggerPhobiania ini bagi seorang blogger. Apalagi bila terjangkit BloggerPhobiania saat blog nya memasuki umur yang dibilang tua. Alangkah sayangnya blog yang sudah mulai mendatangkan visitors, namun sang pemilik terkena phobia ini. 

Cara agar tak terkena Phobia ini sangatlah mudah. Caranya hanya dengan ubah pola pikir. Jangan menganggap blog itu sebuah Bank. Anggap blog itu sebagai usaha yang kita bangun sendiri atau dengan beberapa kerabat. Kalau blog dianggap sebagai bank, itu akan menyebabkan kamu berharap bisa mengambil uang dengan sesuka hati dari blog. Jika kamu menganggap blog itu usaha, sedikit demi sedikit kamu akan menuai hasilnya. 

Cara lainnya adalah, jangan hanya tergiur dengan uang yang dihasilkan para master blogger yang telah menghasilkan banyak uang dari blog. Saya yakin para master itu pernah berada di posisi sebagai pemula dan lama baginya untuk menghasilkan.

Yang paling ampuh adalah "Keep Blogging". 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, ditunggu komentarnya ya 

                   Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan









Sabtu, 25 Juni 2016

Phobia Yang Berhubungan Dengan Teknologi

Macam-Macam Phobia Yang Berkaitan Dengan Teknologi


Banyak orang di dunia yang mengalami rasa ketakutan yang berlebihan pada suatu hal atau situasi tertentu. Rasa ketakutan ini memiliki nama beken Phobia. Phobia sendiri memiliki banyak macam mungkin ada ribuan jenis phobia yang dialami oleh manusia. Orang yang memiliki phobia akan sesuatu pasti selalu merasa takut dan was-was terhadap hal tersebut tanpa alasan yang jelas.

Penyebab phobia sendiri bermacam-macam, tetapi rata-rata mereka mengalami phobia karena trauma yang menyebabkan mereka takut jika hal tersebut akan terjadi lagi. Mirisnya, jika ada orang yang mengidap phobia, rataa-rata teman mereka malah menyepelekan hal tersebut dan cenderung lebih suka menakut-nakuti, mereka tidak memperdulikan betapa takutnya pengidap phobia tersebut.






Mengingat banyaknya jenis phobia di dunia, pada artikel ini akan saya bahas mengenai phobia yang akan saya spesifikkan di dunia teknologi. Berikut nama phobia dan penjelasan singkatnya.

1. Technophobia

Wah, phobia jenis ini bisa saya katakan sangat berbahaya, kenapa demikian? Orang yang mengidap Technphobia ini selalu takut dan cemas akan teknologi atau lebih spesifiknya "Semua Teknologi". Orang yang mengidap phobia ini lebih suka segala sesuatu yang tradisional dan dilakukan secara manual. Padahalkan teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia bukan? Tidak akan terbayang jika manusia pada zaman yang sekarang ini tidak hidup dengan teknologi. Semoga anda tidak mengidap phobia berbahaya ini.

2. Cyberphobia

Cyberphobia sendiri merupakan rasa takut yang amat jika para pengidapnya bertemu komputer atau menggunakannya. Orang yang mengidap phobia jenis ini biasanya lebih suka menghidar dan menjauhi apa saja yang berhubungan dengan komputer. Para pengidap phobia jenis ini biasanya dari klangan orang yang tidak suka atau anti-teknologi. Kok bisa,padahalkan perkemangan teknologi bisa dikatakan sangat membantu aktifitas manusia saat ini? Entahlah, yang jelas, jangan sampai anda mengidap phobia yang satu ini. Tidak akan terbayang hidup di masa depan tanpa teknologi.

3. Telephonophobia

Ini adalah jenis phobia yang langka, biasanya para pengidap phobia ini selalu merasa takut yang luar biasa jika ada orang yang menghubunginya lewat telepon mereka. Penderita phobia ini juga cenderung takut dengan dering ponsel dan bisa membuatnya panik bahkan sesak napas jika mendengarnya. Phobia jenis ini biasanya disebabkan karena mereka sering mengalami teror dari ponsel mereka sehingga mereka akan menjauhi bahkan membanting ponsel mereka.

4. No Mobile Phone Phobia (Nomophobia)

No Mobile Phone Phobia atau sering disebut Nomophobia merupakan jenis phobia yang mana penderitanya takut dan cemas jika jauh dari handphone mereka. Ketakutan ini pun banyak alasanya, karena takut ketinggalan informasi ( kurang update ), cemas jika tidak mengecek akun sosial media mereka, hingga takut jika ada yang menghubungi mereka tetapi tidak terjawab. Jika anda merasa bahwa handphone anda adalah belahan jiwa anda dan anda tidak bisa hidup tanpanya, bisa jadi anda mengidap phobia yang satu ini.

5. Selfiephobia

Siapa yang tidak pernah selfie? mungkin jika saya tanya seperti ini tidak ada satupun orang yang mengangkat tangan. Hampir semua orang di dunia ini pernah melakukan apa yang namanya selfie. Selfie atau memotret diri sendiri ini sangat populer dan menjadi trend tersendiri di masyarakat, terlebih lagi saat ini telah ditemukan alat sederhana yang diburu para pecinta selfie, Tongsis atau Tongkat Narsis. Tongsis ini berguna untuk membuat jangkauan foto menjadi lebih jauh sehingga tongsis sering di gunakan untuk foto berkelompok. 

Di samping kepopuleran saat ini, ada lho orang yang takut berselfie. Orang yang takut selfie ini mengidap sebuah phobia yang disebut Selfiephobia. Orang yang mengidap ini selalu menganggap diri mereka terlihat jelek di dalam kamera atau takut jika foto mereka disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat mereka kurang percaya diri. Anda termasuk orang mengidap phobia ini?

Phobia atau rasa takut yang berlebihan akan suatu hal ini sebenarnya bisa saja disembuhkan. Asalkan pengidapnya yakin dan orang sekitar seperti teman dan keluarga juga bisa semakin meyakinkannya. Unuk itu, jika anda mengidap suatu phobia, jangan ragu untuk keluar dari zona itu, karena phobia ini sangat akan mengganggu aktivitas dan tentu kehidupan anda. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ditunggu komentarnya

                   Perjalanan Pak Ahok Melalu Jalur Independen

Hidup Sehat Tanpa Phobia Sosial

Tanpa Phobia, Hidup Lebih Sehat 


Apapun metode terapi yang dipakai,tujuan akhir agar bisa sepenuhnya fobia sosial dihilangkan adalah dengan menginstal atau memasukkan program dalam fikiran  dengan memiliki kepercayaan diri yang penuh. Tapi kenapa phobia sosial harus dihilangkan supaya hidup anda lebih sehat ? Baca alasannya dibawah ini ya




Tahukah anda sebanyak 90% hal yang kita khawatirkan tidak pernah terjadi, jadi jangan biarkan stres menguasai kepercayaan diri Anda,selain berolahraga seperti berjalan kaki, atau bersepeda yang membuat tubuh bergerak,membuat endorphins mengalir dan benar-benar membuat Anda merasa lebih baik jutaan kali agar senantiasa sehat, yang paling utama adalah membangun rasa percaya diri yang tinggi. Percaya atau tidak, dengan rasa percaya diri yang tinggi akan membuat kesehatan seseorang semakin baik.

Ilmuwan Australia telah menyimpulkan, bahwa seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka semakin baik kesehatannya. Begitu dituliskan oleh psikolog dari Science.

Para ahli sampai pada kesimpulan tersebut, setelah melakukan sebuah percobaan di mana mereka melakukan berbagai cara untuk memengaruhi diri peserta, meningkatkan pujian baik, atau sebaliknya mengurangi evaluasi kritik, dan hal-hal negatif. 

Sebagai contoh, penulis mengatakan kepada para relawan, bahwa mereka terlihat lebih baik dan buruk. Kemudian dalam dua pekan memantau relawan untuk mengevaluasi perasaan dan kesejahteraan mereka.

Pada saat yang sama, para ilmuwan memantau nada saraf vagus yang disebut -otak manusia- dari masing-masing peserta. Itu dilakukan untuk bertanggung jawab terhadap sistem saraf parasimpatis, yang pada gilirannya memengaruhi sistem kardiovaskular. 

Jika saraf vagus dengan nada dikurangi, NS parasimpatis tidak dapat menenangkan jantung selama stres dan depresi, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler.
Studi-studi tersebut menunjukkan, bahwa peserta dengan percaya diri yang lebih tinggi, semakin tinggi nada saraf vagus mereka. Hal itu memungkinkan orang untuk mengatasi perasaan negative, yang biasa dirasakan penderita fobia sosial dan tetap menjaga kesehatan dengan baik.

"Percaya diri tinggi membantu kita untuk merasa aman pada saat dihadapkan dengan pergolakan sosial," tutup para peneliti tersebut.

Memang tidak ada seorang pun yang lahir dengan bekal percaya diri yang mantap. Sifat ini harus dilatih dan dipupuk terus. Rahasia dari sebuah rasa percaya diri yang tinggi adalah seseorang merasa nyaman dengan segala yang ada di dirinya dan bangga dengan kemampuannya mengatasi segala tantangan dan kesulitan hidup.

Jika anda saat ini merasa sedang mengalami fobia sosial,sebaiknya sekarang anda sudah bisa memikirkan cara yang tepat mengatasinya,bisa dengan hal yang sederhana misalanya memberikan nilai harga diri yang kuat,otomatis kepercayaan diri akan meningkat.

Nah, apakah artikel diatas membantu anda ? Terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya ya.

                   Pemahaman Mengenai Penyakit Epilepsi
                   






Kamis, 23 Juni 2016

Menghilangkan Phobia Anjing

Cara Menghilangkan Phobia Pada Anjing


Cynophobia adalah rasa takut yang luar biasa terhadap anjing. Kenapa bisa terjadi dan adakah cara untuk mneghilangkanya ? Silahkan baca dibawah ini ya




Biasanya anjing banyak di sukai sebagai hewan peliharaan dan biasa dijadikan sahabat pada manusia, menghindari nya dapat hampir dikatakan agak susah, biasanya orang yang phobia pada anjing mungkin memilih dirinya  membatasi untuk berjarak secara dekat  dengan anjing bahkan dengan sang pemilik anjing, menghindari pertemuan keluarga,tidak dapat menikmati kegiatan outdoor seperti hiking atau berkemah, karena banyak penggemar outdoor membawa anjing mereka. Seiring waktu, dan rutinitas normal orang yang phobia pada anjing  mungkin menjadi sangat terbatas dan terganggu.

Seperti semua Phobia,gejala orang yang mengalami takut anjing dapat bervariasi ,dan  tingkat keparahan pada masing masing orang bisa jadi berbeda . Anda mungkin takut  dengan  anjing yang hanya bertubuh besar atau  Anda mungkin tidak nyaman bila agak terlalu dekat secara langsung  tapi tidak masalah untuk melihat anjing dalam foto atau acara TV dan begitu juga sebaliknya. Dengan demikian gejala phobia terhadap anjing tidak selalu sama pada setiap orang.

Reaksi umum yang terjadi  termasuk melarikan diri,merasa kaku, dan berusaha untuk bersembunyi atau  Bisa jadi merasa mual atau bingung, atau bahkan mulai menangis. kecemasan yang teramat sangat ,sering terjadi ketika dihadapkan pada objek yang ditakutinya  ini


Lalu apa yang menyebabkan phobia anjing?
Hampir bisa dikatakan,penyebab setiap segala macam  Phobia adalah pengalaman traumatis yang berhubungan dengan objek yang ditakuti. Dalam kasus  kasus yang bahas saat ini adalah phobia terhadap anjing (cynophobia),untuk penyebabnya bisa jadi dimasa lalu pernah mengalami pengalaman dikejar oleh anjing atau  pengalaman yang sangat menakutkan terhadap anjing maka terbentuklah trauma membekas sehingga mengakibatkan ketakutan yang teramat sangat dan mudah terpicu kembali saat dihadapkan dengan objek yang ditakutinya.

Metode berikut ini bisanya  dapat membantu dalam mengatasi phobia pada anjing :

Terapi perilaku kognitif 

Terapi perilaku kognitif akan membantu Anda mengubah cara Anda berpikir tentang anjing yang dapat mengakibatkan perasaan rasa takut terhadap mereka. Terapi perilaku kognitif didasarkan pada kenyataan bahwa pikiran memicu emosi dan kemudian emosi memicu perilaku yang tidak diinginkan. Dengan mengontrol hal pertama yang pikiran kita dapat mengendalikan emosi (takut anjing) dan pada gilirannya perilaku (menghindari anjing)

Menggunakan hipnoterapy untuk mengubah keyakinan irasional Anda tentang anjing 

Biasanya orang dengan phobia anjing punya keyakinan kuat bahwa anjing akan menyerang mereka setiap saat atau menyimpulkan anjing adalah makhluk yang sangat  berbahaya. Dengan menggunakan metode hipnosis  untuk penyembuhannya,Anda dapat menginstal keyakinan baru tentang anjing dalam pikiran Anda atau menghapus ketakutan ketakutan yang tidak rasional ini.

Menggunakan NLP

NLP dapat digunakan untuk menyembuhkan phobia pada anjing.cara kerja atau metode dengan NLP secara sederhana bisa di jelaskan seperti ini, Jika Anda takut anjing maka kemungkinan besar Anda memiliki gambaran mental atau membayangkan kengerian terhadap anjing, Dengan menggunakan metode  NLP Anda dapat mengubah citra palsu  atau ilusi yang ada dalam fikiran atau bayangan anda terhadap anjing  menjadi netral dengan memperbaharui ulang  tanpa terkait dengan emosi takut yang berlebihan

Desensitisasi 

Desensitisasi adalah sebuah metode terapi yang melibatkan paparan bertahap untuk hal yang Anda takuti, sampai Anda menjadi mampu merasa santai di sekitarnya. Ketika ini terjadi terapis akan membawa Anda selangkah lebih maju dengan memungkinkan Anda dibawa  lebih dekat ke objek ditakuti sampai anda merasakan perasaan santai meskipun banyak yang tidak nyaman dengan menggunakan destnasi.

Demikianlah cara untuk mengatasi phobia anjing yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Menghilangkan Phobia Gelap

Cara Menghilangkan Phobia Kegelapan



Rasa takut gelap ini oleh para psikolog sering disebut Nyctophobia. Kadang-kadang penyakit ini menguasai seseorang, dan membuatnya merasa lemas dan ketakutan. Adakah cara yang memungkinkan kita melenyapkan penyakit ini secara berangsur-angsur?



Bagi sebagian orang, rasa takut ini membuatnya merasa lumpuh, sehingga tak dapat menikmati aktivitas yang mengharuskannya sendirian, berjalan malam hari, kemping, atau eksplorasi alam. Dan, ini tak cuma dialami kaum perempuan, lho. 

Tentu, tak mungkin kita menghindari kegelapan, karena kita akan menemuinya setiap hari. Maka, sebaiknya setiap orang berusaha mengatasi rasa takutnya ini. 

Cara menghilangkan phobia gelap:

1. Dahulukan logika.

Kebanyakan rasa takut itu tidak logis, dan secara alamiah emosional. Menerapkan logika dalam masalah emosional tampaknya berlawanan, tapi sebenarnya tidak. 

2. Bacalah artikel yang inspiratif.

Film horor konon sering ditonton oleh orang-orang yang penakut. Sebab, dengan demikian ia bisa membayangkan apa yang akan terjadi bila ia mengalami seluruh teror itu. 
Tetapi daripada nonton atau membaca novel horor sebelum tidur, lebih baik pilih bacaan yang inspiratif. Entah itu buku-buku agama, spiritual, movitasi, apapun yang akan menghangatkan hati Anda. Bacaan itu akan membuat Anda rileks dan mengantuk. 

3. Meditasi, visualisasi, dan berdoa.

Meditasi sebelum tidur dirasakan banyak orang dapat membuat tubuh dan pikiran jadi rileks, serta membantu melepaskan ketegangan dan mengatasi takut. 

4. Ajak teman jalan-jalan malam hari.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya. Berjalan di kegelapan ditemani beberapa orang membuat Anda akan melangkah dengan percaya diri dan berani. 
Tak perlu banyak berbicara, nikmati saja suara-suara alam di sekitar seperti suara jangkrik atau hembusan angin yang menerpa pepohonan. Akan sempurna jika bulan sedang purnama, karena Anda akan menikmati indahnya malam hari.

5. Melatih penglihatan pada malam hari.

Ketika kita baru masuk dari ruangan yang terang ke ruangan yang gelap, kita pasti tidak dapat melihat apa-apa. Tetapi perlahan, mata kita akan mulai dapat menangkap obyek-obyek di dalam ruangan. 

Cobalah menyebutkan benda-benda yang Anda lihat. Dengan mampu menggambarkan apa yang Anda lihat, indera penglihatan malam hari ini akan meningkat, dan rasa takut akan berkurang. 


Kebanyakan orang jadi takut gelap karena pernah mengalami kejadian buruk. Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah berdamai dengan kejadian tersebut. Lalu, terapkan lima langkah di atas. 



Anda akan merasa lebih rasional dan tidak lemas lagi. Ingatlah, pemberani bukanlah orang yang tidak punya rasa takut sama sekali, melainkan orang yang sanggup mengatasi rasa takutnya,cara menghilangkan phobia gelap bisa anda coba,semoga bermanfaat dan ditunggu komentarnya.






Rabu, 22 Juni 2016

Mengatasi Phobia Laba-Laba

Cara Menghilangkan Phobia Laba-Laba



Orang-orang yang kini menderita Phobia terhadap laba-laba bisa sedikit bernapas lega. Phobia mereka dapat diatasi dengan sebuah aplikasi yang tersedia di iTunes, yaitu Fobia Free. Bagaimana cara kerjanya ? Silahkan baca dibawah ini ya 





Sebelumnya para arachnophobia – sebutan bagi penderita Phobia terhadap laba-laba – mungkin akan menggigil ketika hanya mendengar kata jaring-jaring laba-laba. Tapi jika mereka sanggup menahan diri mendengarnya, mereka bisa mengatasi fobia mereka.

Fobia Free dirancang untuk membantu orang mengatasi arachnophobia. Aplikasi ini sudah ditinjau dan disetujui oleh National Health Service (NHS) di Inggris.

Fobia Free tersedia di iPad dan iPhone. Aplikasi ini menggunakan metode interaktif yang baru untuk membantu para arachnophobia melalui teknik relaksasi dan in-app gameplay ketika menetapkan sasaran dan melacak perkembangannya.

 "Smartphone dan tablet telah menjadi alat yang tak terpisahkan dengan informasi-informasi seputar dunia kesehatan. Kadang-kadang informasi itu menjadi sangat luar biasa bagi orang yang membutuhkan," kata pembuat program, Dr Andreas Fonseca.
Anda berminat ingin mencobanya?

 Terapi phobia berikutnya ini agak berbeda dari pembahasan sebelumnya dengan mengatasi phobia menggunakan sebuah aplikasi yang tersedia di iTunes,kali dengan cara yang berbeda,Phobia laba laba sembuh dengan cepat, mau tahu cara mengatasi phobia laba laba anda dalam 3 jam? Phobia atau ketakutan berlebihan anda akan dapat langsung sembuh, silahkan disimak. Ketakutan berlebihan terhadap suatu benda disebut Phobia. Ketakutan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena penderitanya sebegitu takutnya sampai-sampai menjadi histeris ketika melihat benda yang menjadi objek fobia.

Untungnya, sebuah terapi yang berlangsung selama 3 jam dapat menyembuhkan penyakit ini. Dalam sebuah penelitian yang dimuat jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, para peneliti mencoba menyembuhkan fobia terhadap laba-laba.

Phobia laba-laba adalah jenis gangguan kecemasan yang disebut fobia spesifik. Selain laba-laba, jenis fobia spesifik lainnya ada berbagai jenis seperti Phobia, jarum, ular, tempat tertutup dan lain-lain.Sekitar 9,4 persen dari penduduk AS mengalami fobia spesifik.

"Sebelum terapi, beberapa peserta tidak berani berjalan jika melihat laba-laba atau akan bertahan di luar rumah selama berhari-hari jika merasa masih laba-laba di dalam rumah," kata peneliti, Katherina Hauner dari departemen neurologi Northwestern University Feinberg Schoolof Medicine seperti dilansir FoxNews.

Hauner dan rekannya memeriksa 12 orang dewasa, 9 orang diantaranya adalah perempuan dan sisanya laki-laki dengan usiarata-rata 22 tahun. Kesemua peserta secara diagnostik diketahui memiliki fobia laba-laba. Ketakutan terhadap laba-laba ini begitu besarnya sehingga melihat foto laba-laba saja sudah membuat panik.

Hasil scan otak menunjukkan bahwa otak penderita fobia mengalami peningkatan aktivitas di daerah otak yang merespon rasa takut, yaitu amigdala, insula dan korteks cingulated. Ketika diminta menyentuh tarantula dalam kotak kaca tertutup, peserta begitu takut hingga tidak berani mendekat dalam jarak kurang dari 10 meter.

 "Mereka pikir tarantula mampu melompat keluar dari kandang dan menyerangnya. Beberapa orang peserta bahkan berpikir bahwa tarantula mampu merencanakan sesuatu yang jahat untuk menyakiti secara sengaja," kata Hauner.

Dalam terapi yang berlangsung selama 3 jam ini, para peserta diajari tentang tarantula secara umum, apa saja yang membuat orang takut terhadap tarantula dan diberi pemahaman bahwa ketakutan berlebihan terhadap tarantula tidak beralasan.

Peserta juga dipandu mendekati tarantula secara bertahap sampai benar-benar bisa memegangnya. Awalnya, peserta menyentuh tarantula dengankuas, kemudian sambil mengenakan sarung tangan dan akhirnya memegangnya dengan tangan kosong.

Beberapa menit setelah terapi, para peserta diperlihatkan foto laba-laba. Tapi kali ini, scan otak fMRI menunjukkan aktivitas di daerah otak yang memproses rasa takut berkurang drastis.

6 bulan kemudian, para peserta lagi-lagi diminta menyentuh tarantula dalam kaca tertutup. Kesemua peserta langsung berjalan ke arah tarantula dan menyentuhnya.

Menurut Hauner, seseorang bisa dikatakan fobia apabila ketakutan yang dialami sampai mengganggu kehidupannya.

Misalnya, orang dengan Phobia laba-laba jadi meninggalkan rumah atau kantor selama berhari-hari setelah melihat kehadiran laba-laba di sana, atau menghindari kegiatan di luar ruangan karena takut melihat laba-laba

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Ditunggu komentarnya ya

Baca juga : HP Bapak Saya



Senin, 20 Juni 2016

Bufonophobia

Phobia Pada Kodok (Bufonophobia)



Phobia pada kodok atau dalam bahasa latin disebut Bufonophobia adalah ketakutan ekstrim yang bersifat irasional terhadap kodok. Bufonophobia berasal dari bahasa Yunani kuno, bufo berarti kodok dan phobos yang berarti takut. Secara umum phobia pada kodok kebanyakan diderita oleh anak-anak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa. Kenapa dan bagaimana phobia ini bisa terjadi? Silahkan dibaca selengkapnya dibawah ini






Di banyak negara,kodok merupakan hewan yang dibenci karena dipercaya mendatangkan sial dan penyebab kutil.Padahal dalam budaya lain, kodok merupakan hewan yang menjadilambang kebaikan. Namun hal ini tidak akan mengubah pandangan para penderita phobia kodok, karena bagi mereka kodok adalah satu-satunya makhluk yang paling menjijikan yang
pernah mereka tahu.

Mungkin karena kebiasaan kodok yang suka diam disuatu tempat dan kemudian tiba-tiba melompat.
Sehingga bisa menimbulkan efek kejut yang menakutkan. Atau bisa juga seseorang takut pada bentuk kodok yang terlihat sangat jelek berlendir dan terkesan menjijikkan. Perasaan jijik dan takut itulah yang kemudian menyebabkan penderita phobia kodok menjadi panik ketika melihat hewan yang suka
melompat ini.

Selain faktor-faktor diatas, incident atau kejadian traumatis juga bisa berperan dalam pembentukan phobia pada diri seorang penderita phobia kodok. Hal-hal semacam itulah yang melahirkan gelombang kecemasan dan ketegangan yang bisa melumpuhkan kendali emotion control seseorang.

Gejala-gejala yang dialami penderita

Phobia kodok juga sama dengan phobia- phobia lainnya. Seperti mual, keluar keringat dingin, jantung berdenyut tidak beraturan, mulut menjadi kering hingga terjadi perubahan suasana hati atau merasa tidak nyaman.

Tak jarang ada juga yang tiba-tiba shock hingga pingsan sesaat setelah melihat kodok. Hal ini dikarenakan tubuh penderita phobia kodok tiba-tiba menjadi menurun atau drop.

Menghilangkan Bufonophobia

Untuk mengatasi phobia kodok bisa dengan cara mengonsumsi obat depressan yang dianjurkan dokter atau spesialis phobia. Hal ini bertujuan untuk menekan rasa ketakutan sampai pada batas tertentu. Akan tetapi tidak bisa menjadi solusi penghilang ketakutan itu sendiri.

Cara yang paling aman adalah dengan berkonsultasi kepada ahli psikolog atau mengikuti terapi-terapi penghilang phobia.Entah itu melalui hypnoterapi atau kognitif terapi, yang jelas cara terapi lebih terjamin dari pada mengkonsumsi obat-obatan yang bisa menimbulkan efek ketergantungan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih dan ditunggu komentarnya 





Mengatasi phobia ketinggian

Cara Menghilangkan Phobia Ketinggian


Banyak orang bertanya-tanya apakah phobia pada ketinggian bisa disembuhkan? Atau jangan-jangan akan terus melekat pada diri penderita sepanjang hidupnya. Jawabannya adalah bisa. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan phobia ketinggian, silahkan dibaca ya



Pada gambar diatas, ada orang yang berani melakukan selfie diatas ketinggian yang tidak biasa. Apakah anda ingin seperti dia ? 

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa dijadikan tips untuk menghilangkan phobia pada ketinggian, yaitu:

1. Tips metode reframing

Penderita fobia disuruh membayangkan kembali menuju masa lampau dimana permulaannya si penderita bisa mengalami phobia ketinggian. Saat ia terkenang, motivasikan pada dirinya bahwa sebenarnya semua orang bisa mengalami seperti dirinya namun berhasil keluar dari ketakutan-ketakutannya. Motivasi yang dilakukan berulangkali tentu akan menumbuhkan kepercayadirian sekaligus membangkitkan keberaniannya kembali.

2. Tips metode hypnotheraphy

Melalui metode ini penderita phobia diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan rasa ketakutannya. Nantinya sugesti-sugesti itu harus ia ingat terus menerus hingga ia mulai melupakan ketakutannya sendiri. Metode seperti ini hampir sama seperti metode penyembuhan dari dalam diri penderita.

3. Tips metode abreaksi

Pada metode ini, penderita yang sebelumnya membayangkan serunya berada di ketinggian, diminta membiasakan diri terus menerus berimajinasi seperti tersebut. Melihat tayangan televisi yang menyuguhkan aksi yang menyenangkan di ketinggian pun bisa menjadi tips ampuh. Baru setelah terbiasa mengimajinasikannya, pelan-pelan si penderita dibawa ke tempat-tempat tinggi dan mintalah ia untuk melakukan sesuai apa yang sedang diimajinasikannya.

4. Tips Metode desentisisasi sistematis

Biasanya metode yang satu ini ampuh untuk mengatasi phobia dalam tingkat keparahan ringan. Si penderita phobia yang takut pada ketinggian diminta membayangkan hal-hal yang indah ketika berada di ketinggian. Misalnya membayangkan serunya bermain flying fox, roller coaster, dan lain sebagainya.

5. Tips metode exposure treatment yang ekstrim

Tips selanjutnya bisa dengan menggunakan metode exposure treatment yang ekstrim. Teknisnya, si penderita fobia pada ketinggian diletakkan pada tempat yang tinggi berulang kali hingga akhirnya ia terbiasa berada pada posisi tersebut dan ketakutannya terlupakan.

Yang penting dari penyembuhan phobia ini adalah selalu ingat apapun jenis phobia sebenarnya bisa disembuhkan, termasuk phobia pada ketinggian. Yang diperlukan pertama kali adalah tekad/kesungguhan dari si penderita untuk keluar dari perasaan takutnya itu sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan masalah fobia (ketakutan berlebih) pada ketinggian. Semoga bermanfaat.

Minggu, 19 Juni 2016

Mengatasi Phobia Sosial

Cara Sederhana Mengatasi Phobia Sosial 



Istilah lainnya adalah Social Anxiety Disorder. Secara sederhana cirinya adalah ketika Anda merasakan gugup, cemas, dan tidak nyaman dalam bersosialisasi dan pergaulan, di manapun Anda berada, dengan siapapun Anda bersama, terutama ketika berada di lingkungan baru. 



Anda merasakan kegelisahan, bahkan ingin segera pergi dari situ. Sosialisasi seolah menjadi hal yang menakutkan bagi Anda, sehingga Anda tidak suka berada dalam keramaian dan lebih senang menyendiri.



Tapi apakah phobia sosial ini bisa disembuhkan? Silahkan dibaca bagaimana cara mengatasi phobia sosial ini 



Meskipun tidak selalu, tetapi phobia sosial juga seringkali identik dengan phobia keramaian. Tidak suka dan tidak nyaman dengan tempat yang ramai, ada kecemasan dan kegelisahan ketika berada di antara banyak orang.



Terkadang penderita phobia seperti ini mengalami kepanikan ketika berada di tengah suasana yang ramai, bahkan tidak jarang ada yang pingsan karena tidak kuat menahan kecemasan yang muncul.



Tentu saja merasa gugup atau cemas dalam situasi sosial tertentu itu masih normal. Misalnya, saat pergi kencan, atau menjelang bicara di depan umum. Tetapi dalam kasus phobia sosial atau keramaian, dapat terjadi munculnya kecemasan, rasa takut, atau rasa malu yang berlebihan karena Anda takut dinilai negatif oleh orang lain.



Berikut ini adalah 3 cara sederhana untuk mengatasi phobia sosial ini, yakni : 

1. Fokus pada hal yang anda inginkan.

Jika selama ini Anda terlalu berfokus pada kekhawatiran dan ketakutan saat bersosialisasi, maka pikirkanlah hal yang sebenarnya Anda inginkan, apa yang akan Anda rasakan jika Anda bisa bergaul secara wajar dan disukai banyak orang? Apa yang akan Anda rasakan jika keramaian tidak lagi membuat Anda mengalami kecemasan? Gantilah fokus Anda pada hal yang lebih memberdayakan.

2. Belajar untuk menyadari bahwa ilusi/delusi ketakutan anda tidak nyata dan belum tentu akan terjadi

Karena itu Anda juga harus belajar melepaskan diri dari selalu meminta pengakuan orang lain akan kesempurnaan Anda, karena pada dasarnya tidak ada orang yang sempurna, bahkan orang yang paling sempurna menurut persepsi Anda pun pasti tetap punya kekurangan, sebab yang namanya kesempurnaan itu adalah adanya kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi.

3. Belajar untuk nyaman dengan diri anda sendiri 

Karena ketika Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, maka energinya akan terpancar keluar, dan dunia luar akan mengikuti. Jangan kaget jika Anda tiba-tiba disukai oleh banyak orang karena energi positif yang membuat orang lain nyaman bersama Anda. Untuk meraih hasil seperti ini memang butuh latihan percaya diri yang mungkin tidak instan, tapi sebaiknya dilakukan secara rutin agar Anda menjadi pribadi yang lebih percaya diri.


Inilah cara yang mungkin anda bisa terapkan dalam hidup anda. Terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya.



Jumat, 17 Juni 2016

Phobia Artis Korea

Phobia Aneh Artis Korea



Ada yang punya phobia? Punya phobia terhadap apa? Apa termasuk phobia aneh? Rupanya para artis dari Korea juga mempunyai [hobia aneh. Penasaran dengan siapa dan apa yang menjadi phobia mereka, silahkan dibaca ya.



Nah bagaimana kalau kita intip ke-8 artis Korea berikut? Menurut Koreaboo, mereka sempat menyatakan rasa takut terhadap sesuatu, yang ternyata cukup aneh alias enggak lazim, yaitu :


1. Kim Taeyeon











Penyanyi yang satu ini pernah bikin pengakuan yang cukup mengejutkan. Dia sempat mengatakan kalau dirinya mulai merasa takut sama yang namanya… kamera! Hal itu ia ungkap sebab dirinya merasa sudah menghabiskan banyak waktu untuk kamera. Dia juga merasa terlalu terekspos.



Kemarin-kemarin beberapa fans juga sempat mengabadikan momennya di Taiwan. Kim taeyeon terlihat sangat berhati-hati ketika jalan di panggung. Dia sepertinya masih belum bisa melupakan kejadian, di mana dirinya jatuh ketika manggung dengan sub-grup TaeTiSeo. Fans berharap apa yang sudah terjadi tidak membuatnya trauma, apalagi sampai phobia.



Hmm… rasa takut ini amat bahaya kalau terus dipelihara oleh seorang artis sepopuler Kim Taeyeon Unnie. Figthing, K!?


2. Luhan (anggota boyband EXO)












Phobianya memang enggak terbilang aneh berstatus ‘banget’. Mungkin kita familiar dengan pobia ketinggian. Nah, Luhan juga mengalaminya. Daku juga kayaknya (eh enggak ada yang nanya, ya?Well, Luhan mesti jauh-jauh dari tempat yang tinggi-tinggi, ya. Perasaan buruk suka datang, soalnya.


3. Dasom (anggota girlband SISTAR)














Wajah cantik dan postur badannya terlihat sebagai suatu kolaborasi kesempurnaan, ya. Namun siapa sangka, ternyata ia memiliki kekurangan yang cukup mengganggu. Ya, Dasom ini takut banget sama yang namanya berat badan. Dia bahkan menamainya sebagai ‘ketakutan 1 kilogram’.



Karena Dasom sering disorot kamera, dia jadi begitu detail terhadap tubuhnya. Sekalinya terlihat perbedaan berat badan saja, dirinya langsung terusik. Ia takut dan bisa stress kalau berat badannya bertambah. Bahkan sempat suatu hari Dasom hanya menyicip makanan dan segera memuntahkannya, saking takutnya makanan itu akan memengaruhi bobot tubuhnya.


4. Dongwoon (anggota boyband BEAST)














Apa yang bisa kita simpulkan dari wajah Dongwoon? Mungkin kharismatik, ya. Namun dibalik kharismanya, ternyata ia menyimpan ketakutan yang mengganggu. Cowok ini phobia bugs atau semacam kutu/ serangga. Jyah… -_-


5. Sulli (anggota girlband F(x))










Penyebab phobia itu memang banyak, ya. Salah-satunya yaitu pengalaman buruk dengan objek yang ditakuti. Misalnya Sulli ini. Ketika masih sangat muda, dia pernah tenggelam. Jadinya hal itu menyebabkan dirinya takut sama air alias aquaphobia. Ketakutannya bahkan cukup buruk sampai berpengaruh sama aktivitas sehari-harinya. Uh, pasti menyiksa, ya?!



Namun mengingat mustahil baginya untuk jauh-jauh dari air, dia pun melakukan sesuatu demi mengobati phobianya itu. Ketika berusia 20 tahun, Sulli memaksakan diri untuk melakukan penyelaman. Usahanya itu cukup membawa pengaruh drastis bagi rasa takutnya.


6. Sojin (anggota girlband Girl's Day)














Kita mungkin pernah mendengar kalau salah-satu bahan makanan yang dianggap enak oleh orang Korea yaitu… kaki atau ceker ayam?



Nah anggapan itu ternyata enggak berlaku bagi Sojin. Dia benar-benar menakuti bagian tubuh ayam tersebut. Saking takutnya, Sojin bahkan enggak mau melihatnya. Dia pernah bilang, “Bagiku, ceker ayam itu enggak terlihat kayak makanan. Kapanku aku ngelihat ceker ayam, aku merasa kalau jari-jari yang sedikit berselaput itu akan terbang ke arahku dan bahkan menyerangku!”



Hmm… daku juga rasanya belum pernah memakan ceker ayam (Emang ada yang nanya? -_-). Tapi dikau terlalu kayaknya emang banyak pikiran, Sojin. Sampai berfantasi kalau ceker ayam itu bisa terbang dan menyerangmu segala. -_-


7. Park Jiyoon














Yang satu ini juga aneh. Aneh banget. Jadi penyanyi senior ini dulu, dulu banget tahun 90-an, pernah digosipkan pacaran sama Kangta. Nah pada waktu itu kebetulan Kangta lagi naik daun dan banyak fansnya, terutama fans perempuan yang masih anak sekolahan. Alhasil, Park Jiyoon mesti menderita karena banyak sekali anak ABG SMA yang menerornya. Lalu, dia phobia sama apa dong? Sama Kangta? Sama anak SMA? bukan! tapi sama… baju seragam anak SMA. Oalaaah…


8. Sunny (Anggota Girls Generation/ SNSD)














Ternyata Sunny ini sempat menghabiskan masa mudanya di Kuwait. Kebetulan waktu itu di sana tengah ada Perang Gulf. Namanya perang, otomatis suara bom dan senjata menderu di mana-mana. Nah pengalaman itu cukup memengaruhinya. Dia takut dan syok kalau ada suara mercon atau bahkan kembang api.



Inilah 8 artis koreanya dengan phobianya masing-masing. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda, terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya.