Minggu, 19 Juni 2016

Mengatasi Phobia Sosial

Cara Sederhana Mengatasi Phobia Sosial 



Istilah lainnya adalah Social Anxiety Disorder. Secara sederhana cirinya adalah ketika Anda merasakan gugup, cemas, dan tidak nyaman dalam bersosialisasi dan pergaulan, di manapun Anda berada, dengan siapapun Anda bersama, terutama ketika berada di lingkungan baru. 



Anda merasakan kegelisahan, bahkan ingin segera pergi dari situ. Sosialisasi seolah menjadi hal yang menakutkan bagi Anda, sehingga Anda tidak suka berada dalam keramaian dan lebih senang menyendiri.



Tapi apakah phobia sosial ini bisa disembuhkan? Silahkan dibaca bagaimana cara mengatasi phobia sosial ini 



Meskipun tidak selalu, tetapi phobia sosial juga seringkali identik dengan phobia keramaian. Tidak suka dan tidak nyaman dengan tempat yang ramai, ada kecemasan dan kegelisahan ketika berada di antara banyak orang.



Terkadang penderita phobia seperti ini mengalami kepanikan ketika berada di tengah suasana yang ramai, bahkan tidak jarang ada yang pingsan karena tidak kuat menahan kecemasan yang muncul.



Tentu saja merasa gugup atau cemas dalam situasi sosial tertentu itu masih normal. Misalnya, saat pergi kencan, atau menjelang bicara di depan umum. Tetapi dalam kasus phobia sosial atau keramaian, dapat terjadi munculnya kecemasan, rasa takut, atau rasa malu yang berlebihan karena Anda takut dinilai negatif oleh orang lain.



Berikut ini adalah 3 cara sederhana untuk mengatasi phobia sosial ini, yakni : 

1. Fokus pada hal yang anda inginkan.

Jika selama ini Anda terlalu berfokus pada kekhawatiran dan ketakutan saat bersosialisasi, maka pikirkanlah hal yang sebenarnya Anda inginkan, apa yang akan Anda rasakan jika Anda bisa bergaul secara wajar dan disukai banyak orang? Apa yang akan Anda rasakan jika keramaian tidak lagi membuat Anda mengalami kecemasan? Gantilah fokus Anda pada hal yang lebih memberdayakan.

2. Belajar untuk menyadari bahwa ilusi/delusi ketakutan anda tidak nyata dan belum tentu akan terjadi

Karena itu Anda juga harus belajar melepaskan diri dari selalu meminta pengakuan orang lain akan kesempurnaan Anda, karena pada dasarnya tidak ada orang yang sempurna, bahkan orang yang paling sempurna menurut persepsi Anda pun pasti tetap punya kekurangan, sebab yang namanya kesempurnaan itu adalah adanya kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi.

3. Belajar untuk nyaman dengan diri anda sendiri 

Karena ketika Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, maka energinya akan terpancar keluar, dan dunia luar akan mengikuti. Jangan kaget jika Anda tiba-tiba disukai oleh banyak orang karena energi positif yang membuat orang lain nyaman bersama Anda. Untuk meraih hasil seperti ini memang butuh latihan percaya diri yang mungkin tidak instan, tapi sebaiknya dilakukan secara rutin agar Anda menjadi pribadi yang lebih percaya diri.


Inilah cara yang mungkin anda bisa terapkan dalam hidup anda. Terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya.



0 komentar:

Posting Komentar