Senin, 23 Mei 2016

Phobia Lubang

Phobia Lubang-Lubang Kecil (Trypophobia)


Apakah anda merinding ketika anda melihat gambar dibawah ini ??? Bearti anda mengidap Trypophobia. Untuk tahu lebih jelas tentang phobia ini, silahkan baca artikel dibawah ini



Phobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena. Tripophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris. Jika anda merasa takut, merinding, gatal dan tidak nyaman melihat lubang-lubang kecil seperti sarang lebah madu, jamur, biji bunga teratai,  gelembung, atau terumbu karang bisa jadi anda menderita trypophobia.

Kebanyakan penderita trypophobic mulai merasa tidak nyaman, aneh, merinding bahkan gatal di seluruh tubuh, setelah mereka melihat lubang-lubang kecil. Saat ini, trypophobia digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada lubang di kulit termasuk pori-pori.

Lubang kecil pada pori kulit menjadikan orang trypophobic menjadi stres, karena mereka percaya bahwa lubang tersebut akan tumbuh dan menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa orang orang dengan trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga karena mereka berpikir gigitan tersebut akan membesar.

Meskipun banyak orang yang mengaku menderita trypophobia tetapi pihak American Psychiatric Associationâ??s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya.

dari merdeka.com bahwa gejala yang timbul kemungkinan besar berasal dari rasa jijik yang timbul akibat melihat benda berlubang kecil. Adalah reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut terhadap penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang sebagian orang menganggapnya menjijikkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar