Senin, 20 Juni 2016

Bufonophobia

Phobia Pada Kodok (Bufonophobia)



Phobia pada kodok atau dalam bahasa latin disebut Bufonophobia adalah ketakutan ekstrim yang bersifat irasional terhadap kodok. Bufonophobia berasal dari bahasa Yunani kuno, bufo berarti kodok dan phobos yang berarti takut. Secara umum phobia pada kodok kebanyakan diderita oleh anak-anak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa. Kenapa dan bagaimana phobia ini bisa terjadi? Silahkan dibaca selengkapnya dibawah ini






Di banyak negara,kodok merupakan hewan yang dibenci karena dipercaya mendatangkan sial dan penyebab kutil.Padahal dalam budaya lain, kodok merupakan hewan yang menjadilambang kebaikan. Namun hal ini tidak akan mengubah pandangan para penderita phobia kodok, karena bagi mereka kodok adalah satu-satunya makhluk yang paling menjijikan yang
pernah mereka tahu.

Mungkin karena kebiasaan kodok yang suka diam disuatu tempat dan kemudian tiba-tiba melompat.
Sehingga bisa menimbulkan efek kejut yang menakutkan. Atau bisa juga seseorang takut pada bentuk kodok yang terlihat sangat jelek berlendir dan terkesan menjijikkan. Perasaan jijik dan takut itulah yang kemudian menyebabkan penderita phobia kodok menjadi panik ketika melihat hewan yang suka
melompat ini.

Selain faktor-faktor diatas, incident atau kejadian traumatis juga bisa berperan dalam pembentukan phobia pada diri seorang penderita phobia kodok. Hal-hal semacam itulah yang melahirkan gelombang kecemasan dan ketegangan yang bisa melumpuhkan kendali emotion control seseorang.

Gejala-gejala yang dialami penderita

Phobia kodok juga sama dengan phobia- phobia lainnya. Seperti mual, keluar keringat dingin, jantung berdenyut tidak beraturan, mulut menjadi kering hingga terjadi perubahan suasana hati atau merasa tidak nyaman.

Tak jarang ada juga yang tiba-tiba shock hingga pingsan sesaat setelah melihat kodok. Hal ini dikarenakan tubuh penderita phobia kodok tiba-tiba menjadi menurun atau drop.

Menghilangkan Bufonophobia

Untuk mengatasi phobia kodok bisa dengan cara mengonsumsi obat depressan yang dianjurkan dokter atau spesialis phobia. Hal ini bertujuan untuk menekan rasa ketakutan sampai pada batas tertentu. Akan tetapi tidak bisa menjadi solusi penghilang ketakutan itu sendiri.

Cara yang paling aman adalah dengan berkonsultasi kepada ahli psikolog atau mengikuti terapi-terapi penghilang phobia.Entah itu melalui hypnoterapi atau kognitif terapi, yang jelas cara terapi lebih terjamin dari pada mengkonsumsi obat-obatan yang bisa menimbulkan efek ketergantungan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih dan ditunggu komentarnya 





0 komentar:

Posting Komentar