Sabtu, 25 Juni 2016

Phobia Yang Berhubungan Dengan Teknologi

Macam-Macam Phobia Yang Berkaitan Dengan Teknologi


Banyak orang di dunia yang mengalami rasa ketakutan yang berlebihan pada suatu hal atau situasi tertentu. Rasa ketakutan ini memiliki nama beken Phobia. Phobia sendiri memiliki banyak macam mungkin ada ribuan jenis phobia yang dialami oleh manusia. Orang yang memiliki phobia akan sesuatu pasti selalu merasa takut dan was-was terhadap hal tersebut tanpa alasan yang jelas.

Penyebab phobia sendiri bermacam-macam, tetapi rata-rata mereka mengalami phobia karena trauma yang menyebabkan mereka takut jika hal tersebut akan terjadi lagi. Mirisnya, jika ada orang yang mengidap phobia, rataa-rata teman mereka malah menyepelekan hal tersebut dan cenderung lebih suka menakut-nakuti, mereka tidak memperdulikan betapa takutnya pengidap phobia tersebut.






Mengingat banyaknya jenis phobia di dunia, pada artikel ini akan saya bahas mengenai phobia yang akan saya spesifikkan di dunia teknologi. Berikut nama phobia dan penjelasan singkatnya.

1. Technophobia

Wah, phobia jenis ini bisa saya katakan sangat berbahaya, kenapa demikian? Orang yang mengidap Technphobia ini selalu takut dan cemas akan teknologi atau lebih spesifiknya "Semua Teknologi". Orang yang mengidap phobia ini lebih suka segala sesuatu yang tradisional dan dilakukan secara manual. Padahalkan teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia bukan? Tidak akan terbayang jika manusia pada zaman yang sekarang ini tidak hidup dengan teknologi. Semoga anda tidak mengidap phobia berbahaya ini.

2. Cyberphobia

Cyberphobia sendiri merupakan rasa takut yang amat jika para pengidapnya bertemu komputer atau menggunakannya. Orang yang mengidap phobia jenis ini biasanya lebih suka menghidar dan menjauhi apa saja yang berhubungan dengan komputer. Para pengidap phobia jenis ini biasanya dari klangan orang yang tidak suka atau anti-teknologi. Kok bisa,padahalkan perkemangan teknologi bisa dikatakan sangat membantu aktifitas manusia saat ini? Entahlah, yang jelas, jangan sampai anda mengidap phobia yang satu ini. Tidak akan terbayang hidup di masa depan tanpa teknologi.

3. Telephonophobia

Ini adalah jenis phobia yang langka, biasanya para pengidap phobia ini selalu merasa takut yang luar biasa jika ada orang yang menghubunginya lewat telepon mereka. Penderita phobia ini juga cenderung takut dengan dering ponsel dan bisa membuatnya panik bahkan sesak napas jika mendengarnya. Phobia jenis ini biasanya disebabkan karena mereka sering mengalami teror dari ponsel mereka sehingga mereka akan menjauhi bahkan membanting ponsel mereka.

4. No Mobile Phone Phobia (Nomophobia)

No Mobile Phone Phobia atau sering disebut Nomophobia merupakan jenis phobia yang mana penderitanya takut dan cemas jika jauh dari handphone mereka. Ketakutan ini pun banyak alasanya, karena takut ketinggalan informasi ( kurang update ), cemas jika tidak mengecek akun sosial media mereka, hingga takut jika ada yang menghubungi mereka tetapi tidak terjawab. Jika anda merasa bahwa handphone anda adalah belahan jiwa anda dan anda tidak bisa hidup tanpanya, bisa jadi anda mengidap phobia yang satu ini.

5. Selfiephobia

Siapa yang tidak pernah selfie? mungkin jika saya tanya seperti ini tidak ada satupun orang yang mengangkat tangan. Hampir semua orang di dunia ini pernah melakukan apa yang namanya selfie. Selfie atau memotret diri sendiri ini sangat populer dan menjadi trend tersendiri di masyarakat, terlebih lagi saat ini telah ditemukan alat sederhana yang diburu para pecinta selfie, Tongsis atau Tongkat Narsis. Tongsis ini berguna untuk membuat jangkauan foto menjadi lebih jauh sehingga tongsis sering di gunakan untuk foto berkelompok. 

Di samping kepopuleran saat ini, ada lho orang yang takut berselfie. Orang yang takut selfie ini mengidap sebuah phobia yang disebut Selfiephobia. Orang yang mengidap ini selalu menganggap diri mereka terlihat jelek di dalam kamera atau takut jika foto mereka disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat mereka kurang percaya diri. Anda termasuk orang mengidap phobia ini?

Phobia atau rasa takut yang berlebihan akan suatu hal ini sebenarnya bisa saja disembuhkan. Asalkan pengidapnya yakin dan orang sekitar seperti teman dan keluarga juga bisa semakin meyakinkannya. Unuk itu, jika anda mengidap suatu phobia, jangan ragu untuk keluar dari zona itu, karena phobia ini sangat akan mengganggu aktivitas dan tentu kehidupan anda. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Ditunggu komentarnya

                   Perjalanan Pak Ahok Melalu Jalur Independen

0 komentar:

Posting Komentar