Kamis, 23 Juni 2016

Menghilangkan Phobia Anjing

Cara Menghilangkan Phobia Pada Anjing


Cynophobia adalah rasa takut yang luar biasa terhadap anjing. Kenapa bisa terjadi dan adakah cara untuk mneghilangkanya ? Silahkan baca dibawah ini ya




Biasanya anjing banyak di sukai sebagai hewan peliharaan dan biasa dijadikan sahabat pada manusia, menghindari nya dapat hampir dikatakan agak susah, biasanya orang yang phobia pada anjing mungkin memilih dirinya  membatasi untuk berjarak secara dekat  dengan anjing bahkan dengan sang pemilik anjing, menghindari pertemuan keluarga,tidak dapat menikmati kegiatan outdoor seperti hiking atau berkemah, karena banyak penggemar outdoor membawa anjing mereka. Seiring waktu, dan rutinitas normal orang yang phobia pada anjing  mungkin menjadi sangat terbatas dan terganggu.

Seperti semua Phobia,gejala orang yang mengalami takut anjing dapat bervariasi ,dan  tingkat keparahan pada masing masing orang bisa jadi berbeda . Anda mungkin takut  dengan  anjing yang hanya bertubuh besar atau  Anda mungkin tidak nyaman bila agak terlalu dekat secara langsung  tapi tidak masalah untuk melihat anjing dalam foto atau acara TV dan begitu juga sebaliknya. Dengan demikian gejala phobia terhadap anjing tidak selalu sama pada setiap orang.

Reaksi umum yang terjadi  termasuk melarikan diri,merasa kaku, dan berusaha untuk bersembunyi atau  Bisa jadi merasa mual atau bingung, atau bahkan mulai menangis. kecemasan yang teramat sangat ,sering terjadi ketika dihadapkan pada objek yang ditakutinya  ini


Lalu apa yang menyebabkan phobia anjing?
Hampir bisa dikatakan,penyebab setiap segala macam  Phobia adalah pengalaman traumatis yang berhubungan dengan objek yang ditakuti. Dalam kasus  kasus yang bahas saat ini adalah phobia terhadap anjing (cynophobia),untuk penyebabnya bisa jadi dimasa lalu pernah mengalami pengalaman dikejar oleh anjing atau  pengalaman yang sangat menakutkan terhadap anjing maka terbentuklah trauma membekas sehingga mengakibatkan ketakutan yang teramat sangat dan mudah terpicu kembali saat dihadapkan dengan objek yang ditakutinya.

Metode berikut ini bisanya  dapat membantu dalam mengatasi phobia pada anjing :

Terapi perilaku kognitif 

Terapi perilaku kognitif akan membantu Anda mengubah cara Anda berpikir tentang anjing yang dapat mengakibatkan perasaan rasa takut terhadap mereka. Terapi perilaku kognitif didasarkan pada kenyataan bahwa pikiran memicu emosi dan kemudian emosi memicu perilaku yang tidak diinginkan. Dengan mengontrol hal pertama yang pikiran kita dapat mengendalikan emosi (takut anjing) dan pada gilirannya perilaku (menghindari anjing)

Menggunakan hipnoterapy untuk mengubah keyakinan irasional Anda tentang anjing 

Biasanya orang dengan phobia anjing punya keyakinan kuat bahwa anjing akan menyerang mereka setiap saat atau menyimpulkan anjing adalah makhluk yang sangat  berbahaya. Dengan menggunakan metode hipnosis  untuk penyembuhannya,Anda dapat menginstal keyakinan baru tentang anjing dalam pikiran Anda atau menghapus ketakutan ketakutan yang tidak rasional ini.

Menggunakan NLP

NLP dapat digunakan untuk menyembuhkan phobia pada anjing.cara kerja atau metode dengan NLP secara sederhana bisa di jelaskan seperti ini, Jika Anda takut anjing maka kemungkinan besar Anda memiliki gambaran mental atau membayangkan kengerian terhadap anjing, Dengan menggunakan metode  NLP Anda dapat mengubah citra palsu  atau ilusi yang ada dalam fikiran atau bayangan anda terhadap anjing  menjadi netral dengan memperbaharui ulang  tanpa terkait dengan emosi takut yang berlebihan

Desensitisasi 

Desensitisasi adalah sebuah metode terapi yang melibatkan paparan bertahap untuk hal yang Anda takuti, sampai Anda menjadi mampu merasa santai di sekitarnya. Ketika ini terjadi terapis akan membawa Anda selangkah lebih maju dengan memungkinkan Anda dibawa  lebih dekat ke objek ditakuti sampai anda merasakan perasaan santai meskipun banyak yang tidak nyaman dengan menggunakan destnasi.

Demikianlah cara untuk mengatasi phobia anjing yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar