This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 31 Mei 2016

Phobia Kegelapan

Phobia Kegelapan (Achluophobia)



Achluophobia adalah salah satu jenis phobia yang memiliki tingkat pengidap yang cukup banyak.Achluophobia atau phobia (ketakutan yang hebat) terhadap kegelapan atau suasana gelap.Tahukan andah bahwa ternyata tidak hanya anak kecil yang takut akan kegelapan.? Orang dewasa pun mengalaminya. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca dibawah ini





Banyak orang dewasa yang juga takut gelap dan tidak mau ditinggal dalam tempat gelap sendirian. Mereka mengaku merasa sangat takut bahkan sampai pingsan apabila ditinggal di tempat gelap sendirian. Hasil riset ini juga menunjukkan bahwa 60 persen penderita phobia mengaku mengidap phobia sejak kecil dan hingga mereka dewasa dia tidak mampu menghilangkan rasa takutnya terhadap gelap.

Dalam kegelapan seperti ada sesuatu yang mengancam hidup .Entah Apa,,,,tapi saat semua cahaya itu padam,,,ketakutan itu cenderung sangat menyiksa,,,Tak jarang penderita berteriak saat lampu tiba-tiba mati,,,atau malah dia terdiam karena sangat takutnya...

Bahkan sebagian besar dari mereka juga mengaku bahwa mereka tidak dapat tidur terlelap tanpa menyalakan lampu dan tidak mematikan lampu ketika keluar rumah karena takut akan melihat rumah mereka dalam keadaan gelap ketika pulang.

Pada saat pengidap phobia gelap ini berada di dalam keadaan atau suatu tempat yang gelap, rasa takut akan kegelapannya akan memanipulasi otaknya dengan segala rasa takut dan cemas. Hal ini akan mengakibatkan pengidap phobia kegelapan ini menjadi merasa lemas, bahkan seluruh tubuhnya bisa saja serasa lumpuh dan tidak dapat berbuat apa-apa.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang apa itu sebenarnya phobia kegelapan. Terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya 

Baca juga : Cerita Asnaif Si Anak Polos

Senin, 30 Mei 2016

Phobia Super Unik Seleb Indonesia

Phobia Super Unik Seleb Lokal 



Yang namanya manusia memang sudah menjadi hal yang normal kalau mereka punya rasa takut. Bahkan manusia cenderung takut pada hal-hal yang belum mereka tahu. Untuk itulah kalau kamu takut pada sesuatu, tak perlu malu. Hanya saja bagaimana jika rasa takut itu berubah menjadi phobia yang unik?


Tak jarang rasa takut berlebih alias phobia pada sesuatu itu memang cukup merepotkan. Seperti yang dialami oleh beberapa selebritis Indonesia ini. Mereka rupanya memiliki phobia cukup unik yang bisa membuat siapa saja merasa heran. Siapa saja sih?  Silahkan baca dibawah ini

1. Raffi Ahmad memiliki phobia dengan buah rambutan


Kalau menyebutkan selebritis Indonesia dengan phobia yang sangat unik, maka Raffi Ahmad tentu masuk dalam daftar no 1. Suami Nagita Slavina ini ternyata memiliki rasa takut berlebih terhadap rambutan. Jika kamu sangat senang menyantap rambutan yang manis dan segar, Raffi justru memilih membuangnya dan lari tunggang langgang saat melihat buah rambutan di depan matanya.

Dalam beberapa program TV, Raffi sering mendapatkan kado misterius berupa buah rambutan yang membuatnya berteriak histeris. Wah, mungkin Nagita harus mengupas buah itu sebelum diberikan kepada Raffi ya. Hehehe...

2. Randy Pangalila memiliki phobia dengan laut


Laut adalah sebuah pemandangan yang luar biasa. Banyak orang yang jika disibukkan dengan rutinintasnya dalam kehidupan akan memilih berlibur ke pantai dan menikmati indahnya laut yang mempesona itu. Melihat deburan ombak, pasir putih dan hamparan air berwarna biru sejauh mata memandang, siapa sih yang tak suka dengan laut?

Rupanya Randy Pangalila mengalami hal tersebut. Pesinetron ganteng ini mengaku sangat takut berlebih dengan laut apalagi berada di kapal laut. Selain dengan laut, Randy rupanya juga takut dengan jarum dan benar-benar takut kalau diinfus. 

3. Donita memliki phobia dengan  suara sirine ambulan



Si cantik Donita yang mampu membuat banyak pria terpesona ini rupanya juga punya sebuah phobia unik. Ya, istri Adi Nugroho itu rupanya memiliki rasa takut berlebih pada suara sirine ambulans. Kalau mendengar sirine ambulans yang meraung, Donita tampak tegang dan memilih menutup telinganya rapat-rapat

4. Ananda Omesh memiliki phobia dengan nasi kotak


Sebagai presenter yang juga komedian, rasa-rasanya melihat sosok Omesh seperti melihat seorang pria yang percaya diri. Namun rupanya Omesh juga memiliki rasa takut yang berlebih. Phobia yang dialami pria berdarah Sunda ini adalah benda putih yang berbentuk kotak. Karena itu setiap kali syuting, Omesh mewanti-wanti agar tidak mendapat makanan dalam nasi kotak dan memilih dibungkus saja. Demi hidup lebih baik, kini Omesh berusaha untuk melawan phobia kotak berwarna putih itu agar tak direpotkan. 

Inilah 4 seleb lokal dengan phobia super unik mereka. Apakah anda juga mempunyai phobia yang sama seperti mereka ? Terima kasih sudah membaca.

Baca juga : Mr Bean VS Profesor




Minggu, 29 Mei 2016

Phobia Warna Kuning

Phobia Warna Kuning (Xanthophobia)


Banyak sekali warna yang terdapat di dunia ini dari mulai warna merah, pink, cokelat, hijau dan sebagainya. Warna memiliki peran yang penting dalam membuat hidup lebih indah, dinamis dan tidak membosankan. Tetapi ada yang takut jika dihadapkan pada warna, pada artikel kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang apa itu ketakutan pada warna kuning. Silahkan dibaca ya 




Xanthophobia merupakan phobia paling aneh,  phobia ini disebabkan oleh warna kuning. Pengidap Xanthophobia akan berteriak-teriak saat melihat semua yang berwarna kuning dan saat mendengar kata kuning karena rasa takut yang berlebihan terhadap warna yang identik dengan pisang dan matahari ini. Biasanya hal ini dipicu oleh trauma masa lalu yang menakutkan atau mengejutkan dari penderita yang melibatkan warna kuning.



Penderita phobia menggunakan bahasa rasa dalam melihat sumber ketakutan tersebut. Dalam kasus di atas, orang yang berbadan besar dan kekar melihat tikus sebagai sesuatu yang besar, menakutkan, menjijikkan, atau bahkan mengancam. Berbeda halnya dengan pengamat phobia (orang yang melihat penderita phobia), mereka menggunakan bahasa logika dalam melihat hal tersebut. 


 Menderita sebuah phobia tentu sedikit banyak telah mempengaruhi kehidupan Anda. Bayangkan saja jika Anda menderita phobia darah, padahal darah merupakan salah satu komponen dalam tubuh manusia. 

Melihat darah sedikit saja bisa menyebabkan Anda tak sadarkan diri. Apalagi jika Anda seorang wanita yang setiap bulannya harus mengeluarkan darah menstruasi. Tentu hal ini bisa mengakibatkan Anda pingsan berkali-kali hanya karena melihat darah yang keluar dari tubuh Anda.

Lalu apakah Anda akan membiarkan hal ini terus terjadi pada diri Anda? Tentu Anda ingin mengatasinya dan sembuh dari phobia yang Anda derita bukan? Jika Anda menjawab ya, Hypnoterapi cara mudah sembuhkan Anda dari phobia.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda. 


Sabtu, 28 Mei 2016

Phobia Penulis

Jenis-Jenis Phobia Bagi Seorang Penulis



Menurut anda, apakah seorang penulis mempunyai phobia ? Tentu saja, penulis juga manusia pastinya memiliki phobia tertentu. Phobia yang dialami oleh penulis dapat membuat dirinya kehilangan sebuah kesempatan untuk menjadi penulis besar. Berikut ini akan saya bagikan phobia yang mungkin diderita oleh seorang penulis. Silahkan dibaca ya 



Phobia yang mungkin dialami seorang penulis, diantaranya sebagai berikut :

1. Moneyphobia 

Ketakutan yang muncul pada orang yang memiliki pandangan bahwa setiap hal yang dilakukan harus menghasilkan uang atau keuntungan. Tetapi menulis adalah sebuah hobi yang bisa menghasilkan keuntungan apabila dilakukan dalam jangka panjang.

2. Laliophobia

Ketakutan ini adalah tidak bisa mengungkapkan apa yang anda pikirkan kedalam bentuk tulisan

3. Demophobia 

Ketakutan akan khalayak ramai yang akan membaca tulisan yang kita buat. Jika anda mengalami phobia ini sebelum menulis, dapat dipastikan anda tidak akan pernah menjadi penulis.

4. Katagelophobia

Phobia ini juga saya pernah alami, dimana saya adalah orang berkepribadian sempurna. Saya takut diejek karena tulisan saya yang tidak bermutu dll. Tapi jika anda sungguh sungguh ingin menulis, lakukanlah dengan kesungguhan hati.

Nah, Inilah phobia yang mungkin dialami seorang penulis. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih dan ditunggu komentarnya.


Jumat, 27 Mei 2016

Phobia Selebritis

Daftar Selebritis Yang Mempunyai Phobia Aneh 


Anda pernah dengar lagu "Rocker Juga Manusia"yang dibawakan oleh candil. Nah, kata "Rocker"nya saya ganti dengan "Selebritis". Istilah "Selebritis Juga Mempunyai Phobia" mungkin sudah pernah anda dengar sebelumnya. Kali ini saya akan membagikan nama selebritis yang mempunyai phobia aneh. Silahkan dibaca dibawah ini ya :



Nama selebritis dan phobia aneh yang dimilikinya, antara lain sebagai berikut :
1. Britney Spears phobia pada kadal
2. Orlando Bloom phobia pada babi
3 Basinger memiliki phobia sosial
4. Justin Timberlake phobia pada laba-laba
5. Scarlett Johansson phobia pada kecoa
6. Nicole Kidman phobia pada kupu-kupu
7. Michael Jackson phobia pada virus dan bakteri

Masih banyak selebritis top lainnya yang mempunyai phobia aneh, Phobia adalah sebuah ketakutan irasional yang bisa terjadi pada siapa saja termasuk para selebritis top dunia.

Demikian phobia selebritis top yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah membaca, ditunggu komentarnya.

Baca juga : Adu Kuat Tentara

Kamis, 26 Mei 2016

Phobia Kedalaman Laut

Phobia Kedalaman Laut (Thalassophobia)


Memang phobia yang satu ini jarang terdengar. ketimbang mengatakan Thalassofobia mungkin akan lebih familiar kalau kita bilang aja takut ama laut luas, takut kedalaman laut. takut di tengah laut dan lain sebagainya.
Silahkan perhatikan gambar dibawah ini dan apa yang anda rasakan ?



Thalassophobia adalah ketakutan berlebihan akan laut, penderita phobia ini akan membayangkan hal hal paling buruk yang mungkin saja terjadi jika mereka berada dilaut.

Berikut saya merangkum beberapa fakta mengenai phobia ini, sebagai berikut :
- Penderita phobia ini melihat ombak yang bergulung itu seperti monster yang akan memakan mereka.

- Ketika mereka melihat dasar laut yang umumnya mempunyai palung laut, pikiran mereka akan membayangkan kematian didasar lautan karena tertimpa.

- Ikan-ikan dengan ukuran yang luar biasa besarnya seperti hiu martil yang terkenal menunggu untuk menjadikan mereka sebagai makanan. 

- Kapal tenggelam didasar laut mungkin bisa tiba-tiba bergerak karena tersapu gerakan air. Ketika mereka menyelam didekat kapal karam tersebut, mungkin kapal itu akan menyebabkan kematian mereka

- Patung-patung didasar laut seperti perumpaan orang-orang yang mati tenggelam dan berubah menjadi batu (didasar laut ada Medusa juga ya? :))

- Keajaiban dunia yang patut disaksikan di kedalaman laut adalah palung laut. Tapi misteri palung laut adalah pintu menuju dunia lain (seperti lubang hitam)  atau didalamnya terdapat monster laut mengerikan yang belum pernah dilihat manusia sebelumnya.

- Dalam pikiran penderita phobia ini, laut adalah tempat yang super mengerikan karena banyak misterinya dan makhluk makhluk seram yang akan menghampirinya ketika berenang.


Demikianlah informasi yang saya rangkum dari berbagai sumber mengenai Thalassophobia ini, semoga bermanfaat bagi anda. 

Terima kasih.

Baca juga : Manfaat Kuda




Rabu, 25 Mei 2016

Phobia Laba-Laba

Phobia Laba-laba (Arachnophobia)



Arachnophobia adalah salah satu fobia yang paling umum untuk mempengaruhi orang-orang di dunia. Dalam kasus-kasus tertentu, penderita Phobia laba laba (arachnophobia) mengalami serangan panik sebagai akibat dari ketakutan mereka. Ada sebuah terapi yang bisa menyembuhkan phobia ini dalam waktu 3 jam, silahkan dibaca dibawah ini :



 Untungnya, sebuah terapi yang berlangsung selama 3 jam dapat menyembuhkan penyakit ini. Dalam sebuah penelitian yang dimuat jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, para peneliti mencoba menyembuhkan fobia terhadap laba-laba.

Phobia laba-laba adalah jenis gangguan kecemasan yang disebut fobia spesifik. Selain laba-laba, jenis fobia spesifik lainnya ada berbagai jenis seperti Phobia, jarum, ular, tempat tertutup dan lain-lain.Sekitar 9,4 persen dari penduduk AS mengalami fobia spesifik.

"Sebelum terapi, beberapa peserta tidak berani berjalan jika melihat laba-laba atau akan bertahan di luar rumah selama berhari-hari jika merasa masih laba-laba di dalam rumah," kata peneliti, Katherina Hauner dari departemen neurologi Northwestern University Feinberg Schoolof Medicine seperti dilansir FoxNews.

Hauner dan rekannya memeriksa 12 orang dewasa, 9 orang diantaranya adalah perempuan dan sisanya laki-laki dengan usiarata-rata 22 tahun. Kesemua peserta secara diagnostik diketahui memiliki fobia laba-laba. Ketakutan terhadap laba-laba ini begitu besarnya sehingga melihat foto laba-laba saja sudah membuat panik.

Hasil scan otak menunjukkan bahwa otak penderita fobia mengalami peningkatan aktivitas di daerah otak yang merespon rasa takut, yaitu amigdala, insula dan korteks cingulated. Ketika diminta menyentuh tarantula dalam kotak kaca tertutup, peserta begitu takut hingga tidak berani mendekat dalam jarak kurang dari 10 meter.

"Mereka pikir tarantula mampu melompat keluar dari kandang dan menyerangnya. Beberapa orang peserta bahkan berpikir bahwa tarantula mampu merencanakan sesuatu yang jahat untuk menyakiti secara sengaja," kata Hauner.

 Dalam terapi yang berlangsung selama 3 jam ini, para peserta diajari tentang tarantula secara umum, apa saja yang membuat orang takut terhadap tarantula dan diberi pemahaman bahwa ketakutan berlebihan terhadap tarantula tidak beralasan.

Peserta juga dipandu mendekati tarantula secara bertahap sampai benar-benar bisa memegangnya. Awalnya, peserta menyentuh tarantula dengankuas, kemudian sambil mengenakan sarung tangan dan akhirnya memegangnya dengan tangan kosong.

Beberapa menit setelah terapi, para peserta diperlihatkan foto laba-laba. Tapi kali ini, scan otak fMRI menunjukkan aktivitas di daerah otak yang memproses rasa takut berkurang drastis.

6 bulan kemudian, para peserta lagi-lagi diminta menyentuh tarantula dalam kaca tertutup. Kesemua peserta langsung berjalan ke arah tarantula dan menyentuhnya.

Menurut Hauner, seseorang bisa dikatakan fobia apabila ketakutan yang dialami sampai mengganggu kehidupannya.

Anda bisa mencoba terapi ini, jika anda memiliki phobia ini. Terima\ kasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang phobia ini.

                   Cara Menghilangkan Phobia
                   5 Hobi Yang Menghasilkan Uang
                   Aliran Psikoanalitik Pada Psikologi
                   5 Heroine Dalam Game

Selasa, 24 Mei 2016

Phobia Kucing

Phobia Kucing (Ailurophilia)


Meskipun kucing adalah binatang yang lucu dan menggemaskan, tetapi pada kenyataannya ada beberapa orang yang takut terhadap kucing. Rasa takut ini adalah benar-benar rasa takut yang tidak beralasan, bukan sekedar risih atau tidak mau memegang saja. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang takut/ phobia terhadap kucing dapat panik, stress, dan histeris ketika harus bertemu dengan binatang yang selalu menampilkan wajah polos ini.




Orang yang memiliki phobia terhadap kucing dalam istilah kedokteran disebut dengan Ailurophobia. Ini adalah kelainan psikologis yang bertolak belakang dengan ailurophilia.

Tokoh terkenal dalam sejarah yang menderita phobia kucing adalah Napoleon Bonaparte.

Seperti halnya kebanyakan phobia, ailurophobia juga biasanya dipicu oleh kenangan masa lalu yang tidak mengenakkan yang berhubungan dengan kucing. Misalnya pernah di cakar kucing waktu masih balita atau pernah di kerubutin banyak sekali kucing sampai syok.

Salah satu cara mengobati phobia ini adalah dengan melawan rasa takut itu sendiri. Dengan memutar ulang pola otak kita agar rasa takut terhadap kucing bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Dengan merefresh kembali  otak kita dari pemahaman kalau kucing itu berbahaya, kemudian menyisipkan pemahaman bahwa kucing itu tidak berbahaya. Tentu ini tidak mudah bagi yang mengalaminya. Namun dengan bimbingan orang yang tepat, anda pasti akan berhasil mengatasi phobia kucing tersebut. Lebih baik lagi kalau didampingi oleh psikolog.

Namun satu hal yang pasti adalah, yang paling ditakuti oleh rasa takut adalah ketakutan akan rasa takut yang tidak akan ditakuti lagi. So, jangan takut!!! ^_^

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih telah membaca :)

                   Narsis Di Siaran Langsung TV
                   5 Tokoh Terkenal Di Dunia Psikologi
                   Kisah Nyata Masha And The Bear

Senin, 23 Mei 2016

Phobia Lubang

Phobia Lubang-Lubang Kecil (Trypophobia)


Apakah anda merinding ketika anda melihat gambar dibawah ini ??? Bearti anda mengidap Trypophobia. Untuk tahu lebih jelas tentang phobia ini, silahkan baca artikel dibawah ini



Phobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena. Tripophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris. Jika anda merasa takut, merinding, gatal dan tidak nyaman melihat lubang-lubang kecil seperti sarang lebah madu, jamur, biji bunga teratai,  gelembung, atau terumbu karang bisa jadi anda menderita trypophobia.

Kebanyakan penderita trypophobic mulai merasa tidak nyaman, aneh, merinding bahkan gatal di seluruh tubuh, setelah mereka melihat lubang-lubang kecil. Saat ini, trypophobia digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada lubang di kulit termasuk pori-pori.

Lubang kecil pada pori kulit menjadikan orang trypophobic menjadi stres, karena mereka percaya bahwa lubang tersebut akan tumbuh dan menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa orang orang dengan trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga karena mereka berpikir gigitan tersebut akan membesar.

Meskipun banyak orang yang mengaku menderita trypophobia tetapi pihak American Psychiatric Associationâ??s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya.

dari merdeka.com bahwa gejala yang timbul kemungkinan besar berasal dari rasa jijik yang timbul akibat melihat benda berlubang kecil. Adalah reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut terhadap penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang sebagian orang menganggapnya menjijikkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih

Minggu, 22 Mei 2016

Phobia Tertawa

Phobia Tertawa (Gelotophobia)



Tertawa adalah merupakan ekspresi kebahagiaan yang harusnya bisa dimiliki oleh setiap orang, tetapi hal ini akan sangat menakutkan bagi penderita gelotophobia.


Gelotophobia adalah ketakutan pada tertawa. 

Ada alasan yang dikemukan oleh para penderita phobia mengenai apa yang sebenarnya dirasakan oleh mereka ketika mendengar suara tertawa, yakni mereka merasakan sebuah kemarahan ekstrim yang terjelaskan karena ada yang meremehkan mereka, ada juga yang merasa malu dan gugup,dsb

Penyebab Gelotophobia dimulai dari masa tumbuh kembangnya anak-anak, Bullying pada masa tumbuh kembang itu mempengaruhi kepribadian mereka dan berkembang menjadi suatu phobia ketika mereka dewasa.

Jangan berpikir phobia langka ini hal sepele, phobia ini adalah hal yang sangat tidak nyaman. Kita tentunya ingin bisa tertawa lepas seperti lainnya, bukan ingin terkurung dalam kesendirian sepanjang hidup kita.

Terima kasih sudah membaca







Sabtu, 21 Mei 2016

Fakta Phobia Kecoa

Fakta Unik Phobia Kecoa





Kecoa adalah binatang yang paling ditakuti oleh kaum hawa pada khususnya. Kenapa ya ?
Saya akan bagikan beberapa fakta tentang kecoa yang mumgkin membuat anda shock.

Silahkan dibaca dibawah ini:

1. Kecoa akan terbang mendekati orang yang takut kepadanya


Semakin anda takut pada kecoa, maka dia akan menghampiri anda. Menurut penelitian, kecoa ini mempunyai kemampuan radar yang mampu mendeteksi rasa takut yang ada pada manusia.
Percayakah anda pada hal ini ? Silahkan dibuktikan sendiri.

2. Kecoa suka dengan tempat yang kotor dan bau


Kecoa memiliki ketahanan tubuh yang sangat kuat akan penyakit. Meskipun berlama lama diam di tempat yang kotor dan bau, kecoa tidak mudah terserang penyakit. Menurut penelitian, Kecoa sudah ada dibumi semenjak 300 juta tahun yang lalu dan masih tetap ada sampai sekarang karena kemampuan beradaptasinya ini.

3. Kecoa masih bisa hidup tanpa kepala


Kecoa masih dapat hidup meskipun kepalanya sudah terputus dari tubuhnya. Kenapa?
Sistem pernafasannya terbuka dan melalui lubang -lubang kecil yang ada pada setiap segmen tubuhnya. Kecoa mampu bertahan hidup tanpa kepalanya selama seminggu.


4. Kecoa tidak mudah mati dan tahan banting


Kecoa adlah hewan yang kuat, karena mempunyai pelindung pada punggungnya, sehingga tidak mudah mati. Jangan anda berpikir bahwa kecoa sudah mati dalam sekali pukul, tetapi dia hanya pura pura mati saja.

Inilah fakta unik tentang kecoa yang ditakuti oleh kaum hawa. Terima kasih sudah membaca artikel ini

Baca juga : Cara Menyembuhkan Mata Sapi Juling

Jumat, 20 Mei 2016

Phobia spesifik

Pengenalan Phobia Spesifik




Phobia spesifik adalah sebuah ketakutan yang tidak masuk akal pada sesuatu atau situasi tertentu. 

Berdasarkan benda atau situasi yang ditakuti, ada banyak jenis phobia spesifik, antara lain :

1. Phobia Hewan
Contohnya : takut pada anjing, ular, serangga dan tikus 

2. Phobia Situasional 
Contohnya : takut naik pesawat terbang, naik mobil atau angkutan umum dll

3. Phobia Alam 
Contohnya : takut badai, ketinggian atau air

4. Phobia Darah
Contohnya : takut terluka atau melihat darah.

5. Phobia lainnya 
Contohnya : Jatuh takut, takut suara keras

Gejala-Gejala Phobia Spesifik antara lain sebagai berikut :

1. Kecemasan antisipatif, yaitu kecemasan yang muncul lebih awal seiring dengan penderita yang semakin dekat dengan benda atau situasi yang ditakutinya

2. Gejala fisik dari serangan panik, seperti : jantung berdebar, mual atau diare, sesak nafas dan lain lain

3. Ketakutan yang berlebihan atau tidak rasional terhadap situasi dan benda tertentu

4. Bertahan dengan penderitaan besar atau menghindari objek yang ditakuti.


Demikianlah sedikit informasi tentang pengenalan Phobia Spesifik yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat 

Terima kasih 

Baca juga : Saudara Kembar



Kamis, 19 Mei 2016

Phobia Umum Part 2

Phobia Yang Mungkin Sudah Anda Miliki (2)





Mungkin anda sudah membaca artikel yang pertama saya buat mengenai Phobia umum yang mungkin sudah anda miliki.

Sebelumnya  : Phobia Yang Mungkin Sudah Anda Miliki

Hari ini saya akan melanjutkan 5 phobia lagi yang mungkin anda miliki:

6. Glossophobia

Glossophobia adalah sebuah ketakutan dimana anda takut untuk berbicara didepan orang banyak. Contoh sederhana dari phobia adalah demam panggung.

7. Plasmophobia

Plasmophobia adalah sebuah ketakutan pada hantu dan anggapan bahwa hantu adalah tanda kematian. Hantu adalah salaha satu dari 10 hal yang ditakuti orang kebanyakan yang tidak dapat dibuktikan keberadaannya.

8. Thanatophobia

Thanatophobia adalah sebuah ketakutan pada kematian. Rasa tidak nyaman ini terjadi pada saat mereka  membayangkan proses bagaimana mereka akan mati atau saat kematiaan menjemput mereka.

9. Entomophobia

Entomophobia adalaha ketakutan pada serangga. Serangga adalah hal umum yang kita temui di mana saja, penderita phobia akan menunjukkan ketakutan yang sangat berlebihan, atau yang lebih parahnya pingsan ketika melihat serangga yang ditakutinya.

10. Atychiphobia

Atychiphobia adalah ketakutan yang terbesar dari manusia, yaitu gagal. Umumnya penderita phobia tidak berani mengambil keputusan yang beresiko akan mengalami kegagalan. Mereka cenderung bermain dizona aman saja.

Demikian 10 phobia umum yang mungkin anda miliki tanpa anda sadari keberadaaanya di kehidupan anda.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Teka Teki Lucu

Rabu, 18 Mei 2016

Phobia Umum Part 1

Phobia Yang Mungkin Sudah Anda Miliki




Mungkinkan anda tidak mempunyai ketakutan pada hal tertentu? Tidak mungkin, bahkan kita sendiri sebenarnya mempunyai phobia yang belum terdiagnosa.

Berikut saya bagikan phobia yang mungkin secara tidak sadar mungkin anda miliki : 

1. Philophobia

Philophobia adalah sebuah ketakutan yang membuat penderitanya takut untuk jatuh cinta. Banyak orang berharap dicintai, tapi anehnya penderita phobia merasa takut dan bahkan menghindari yang namanya cinta.

Phobia ini membuat penderitanya tidak berani mengambil komitmen untuk menjalin suatu hubungan, menghindari berhubungan secara akrab dengan orang lain dan menolak perasaan khusus yang harusnya mereka ungkapkan kepada orang yang disukai. Alhasil phobia ini membuat penderitanya lebih suka menyendiri karena mungkin mereka trauma akan suatu hubungan dan lain-lain.

2. Nosophobia

Nosophobia adalah sebuah ketakutan yang sangat berlebihan pada sebuah penyakit. Kanker dan diabetes adalah salah satu diantara banyak penyakit yang paling ditakuti orang kebanyakan. Jika didalam pikiran anda selalu terbayang penyakit seperti ini, mungkin anda sudah menderita nosophobia.

3. Chronophobia 

Chronophobia adalah ketakutan pada waktu, dimana waktu bagi penderitanya akan terasa cepat atau terlalu lambat. Phobia seperti ini dialami oleh orang yang dikurung dalam penjara, orang yang sedang mengalami depresi, dll 

4. Gerascophobia

Gerascophobia adalah ketakutan menjadi tua. Setiap orang pasti akan menjadi tua, tapi penderitanya sangat takut jika mereka yang biasanya mandiri dan sehat, harus mengalami kesendirian dan mengandalkan orang lain. 
5. Nomophobia
Nomophobia adalah ketakutan akan hilangnya ponsel atau ponsel mati. Pada zaman sekarang ini, 
ponsel adalah nyawa pada sebagian orang. Jika ponselnya hilang ataupun baterainya mati, penderita phobia akan sangat panik.

To be continue ....

Masih ada 5 phobia umum yang tidak sadar anda miliki. Ditunggu artikel berikutnya.
Terimakasih 
Baca juga  : Pesawat Akan Jatuh !!

Selasa, 17 Mei 2016

Phobia Ciuman

Phobia Ciuman (Philematophobia)



Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kepada pasangan anda. Salahsatunya adalah ciuman.

Tapi itu tidak berlaku pada beberapa orang. Mereka mungkin mengalami Philematophobia. 

Apa itu Philematophobia ?

Philematophobia adalah sebuah phobia yang menyebabkan penderitanya mengalami ketakutan berlebihan yang mungkin tidak rasional akan sebuah ciuman. 

Faktor yang menyebabkan seseorang mengalami philematophobia adalah sebagai berikut :
1. Pernah merasakan kekerasan seksual atau penolakan seksual
2. Cara pandang yang salah mengenai ciuman
3. Ketakutan terhadap penyakit yang mungkin saja ditularkan melalui mulut ketika berciuman
4. Ketakutan akan perasaan emosional tertentu yang ditimbulkan saat berciuman seperti terangsang untuk melakukan hubungan seks

Adapun ilmu yang mempelajari tentang fenomena ciuman yang disebut dengan philematology.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih sudah membaca :)



Minggu, 15 Mei 2016

Phobia Seksual

 5 Phobia Seksual



Kadang-kadang phobia yang kita alami adalah phobia yang tidak beralasan, Phobia seksual banyak dialami orang yang mereka sendiri tidak menyadarinya. Hasil ini didapatkan dari studi seksualitas yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika Serikat.

Disini saya akan membagikan 5 phobia seksual yang mungkin anda alami secara tidak sadar.

1. Eurotophobia

Eurotophobia adalah sebuah ketakutan terhadap hal apapun yang berbau seksual. Orang yang mempunyai phobia ini akan sangat histeris jika membayangkan fantasi seksual, hubungan intim dan anti masturbasi.

2. Coltophobia

Coltophobia adalah ketakutan yang paling fatal diantara phobia seksual lainnya. Mereka yang memiliki ketakutan ini sangat takut berhubungan intim. Sedangkan hubungan intim harus dilakukan mengingat itu adalah kebutuhan biologis manusia yang paling mendasar dengan tujuan untuk meneruskan keturunan.

3. Gymnophobia

Gymnophobia adalah ketakutan dimana penderitanya takut melihat tubuh yang telanjang. Penderita phobia akan merasa takut apabila melihat tubuhnya yang telanjang, bahkan pada pasangannya sendiri.

4. Anuptaphobia

Anuptaphobia adalah ketakutan dimana penderitanya takut jika dirinya terus melajang. Phobia yang satu ini identik dengan kata "galau", yang biasanya disebabkan oleh rasa percaya diri yang rendah sampai trauma yang melekat di pikiran, sehingga menyebabkan sulit menemukan pasangan yang diinginkan

5. Ithyphallophobia

Ithyphallophobia adalah ketakutan dimana jika pria merasakan, memikirkan  dan menyaksikan penisnya berereksi. Memang phobia ini cukup aneh, sampai bisa akhirnya menyebabkan gagalnya hubungan intim. Phobia ini tidak bisa dijelaskan oleh penderita yang mengidapnya.

Inilah beberapa phobia seksual yang saya bagikan hari ini. Terima kasih sudah membaca :)


Baca juga : Abu Nawas Menipu Gajah



Sabtu, 14 Mei 2016

Phobia Ketinggian

Phobia Ketinggian



Phobia ketingian atau Acrophobia adalah ketakutan pada tempat yang memiliki ketinggian tertentu. Banyak orang yang mengalami phobia, termasuk saya sendiri. Hehehehe :)

Gejala phobia ini adalah anda akan mengalami rasa tegang yang luar biasa, mual, pusing , berkeringat dingin, detak jantung yang tidak beraturan dan sesak nafas. Jika phobia ini sudah mencapai tingkat yang parah, maka jika dia berada hanya pada ketinggian 2 meter saja dari permukaan tanah, si penderita akan ketakutan setengah mati.

Mengapa ini bisa terjadi ?


Rasa takut adalah reaksi manusiawi yang secara biologis yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri sendiri dalam menghadapi bahaya yang mungkin muncul tiba-tiba. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa ketakutan ini berasal dari otak. Otak manusia sangat peka terhadap setiap perubahan yang terjadi, khususnya pada hal ini. Ketika manusia merasakan ketinggian tertentu, ditambah dengan kaki yang tidak menginjak bumi, saat itulah kerja otak menjadi gagu dan mengakibatkan reaksi ketakutan yang berlebihan.

Faktor yang bisa memicu terjadinya phobia ketinggian ini


1. Anggapan dan keyakinan yang salah

Banyak orang selalu mengatakan bahwa berada ditempat tinggi itu sangat berbahaya, Bahkan itu diajarkan dario orang tua kita sendiri. Mereka selalu mengatakan  "awas, jangan tinggi-tinggi, nanti jatuh!!". Secara tidak langsung kata-kata itu terekam di pikiran kita, berada pada ketinggian tertentu adalah bahaya.  Jika berada diposisi ketinggian tertentu, apakah itu berbahaya ?? Tentu anda bisa jawab khan ? 

2. Peristiwa yang cukup berkenang 

Kenangan jatuh dari tempat tinggi mungkin akan meninggalkan rasa sakit yang luat biasa dan akan sulit dilupakan karena terekam jelas dimemory kita.

3. Pola Asuh Yang Salah 

Pengaruh orang tua yang terlalu protektif, seringkali menyebabkan anak menjadi takut. Racun pikiran ini secara tidak sadar berpengaruh pada kondisi psikologis si anak pada saat dia dewasa.

Apakah phobia ini bisa dihilangkan  ?


Semua phobia bisa disembuhkan, metode  penyembuhan sudah saya berikan pada artikel sebelumnya.


Terima kasih sudah membaca :) 

Jumat, 13 Mei 2016

Phobia Sosial

Phobia Sosial





Phobia sosial adalah sebuah ketakutan dimana penderitanya mengalami kecemasan yang berlebihan pada situasi-situasi sosial tertentu, yang menyebabkan tekanan pada penderitanya.

Phobia sosial terbagi dua, yaitu :

1. Phobia sosial khusus

Phobia ini muncul ketika bertemu didalam situasi-situasi sosial tertentu saja

2. Phobia sosial umum

Phobia ini melibatkan rasa takut yang sangat sering, persisten dan sangat kronis karena perasaan si penderita sering dihakimi oleh orang lain dan dipermalukan atau dihina karena tindakan-tindakannya

Phobia sosial umum adalah yang paling parah, karena rasa takut ini cenderung muncul dimana saja. Ketakutan ini bisa dipicu oleh pengawasan yang berlebihan maupun perasaan diri sendiri yang selalu merasa diawasi..

Munculnya phobia ini pada usia dini cenderung mendorong munculnya penyalahgunaan obat-obatan , depresi berat, konflik psikologis atau sosial lainnya.

Gejala fisik yang sering terjadi muncul pada penderita phobia ini adalah cara bicara yang gagap bersamaan dengan kecepatan bicara yang terlampau tinggi, mual, gemetar, dan munculnya keringat yang berlebihan. Dari segi psikologis, serangan panik hebat mungkin bisa saja terjadi apabila rasa takut yang dialami penderita sangat luar biasa dan tak bisa dikendalikan.

Penanganan dini untuk phobia jenis ini sangat penting agar penderita phobia ini tidak mengalami penyakit tambahn lainnya seperti depresi. Banyak cara yang salah dilakukan oleh penderita sebagai upaya menghilangkan phobia ini seperti mengkonsumsi alkohol dan narkoba. Oleh sebab itu, maka phobia ini terkenal dengan sebutan penyakit kehilangan kesempatan atau peluang.

Tahukah anda bahwa phobia sosial ini adalah penyakit mental terbesar ketiga didunia  ????


Baca juga  : Orang Kata VS Counter HP



Kamis, 12 Mei 2016

Phobia Aneh

6 Phobia Aneh Didunia




Seperti anda tahu phobia adalah sebuah ketakutan berlebihan, tapi ada beberapa ketakutan yang sangat aneh bahkan tidak beralasan sama sekali, seperti dibawah ini :

1. Optophobia

Penderita phobia ini sangat takut membuka mata orang lain. Menurut anda apakah itu aneh ? Penderita bahkan bisa mengalami mimpi buruk dan sangat menghindari hal ini.

2. Geliophobia

Tertawa itu akan membuat tubuh seseorang lebih sehat, tetapi penderita phobia ini sangat takut jika berada didekat orang yang sedang tertawa. Munkin mereka cemas tentang tertawa dalam situasi yang tidak tepat, atau bahkan dijadikan bahn tertawaan oleh orang lain.

3. Neophobia

Orang suka dengan perubahan atau hal-hal baru, tapi penderita phobia ini malah ketakutan dengan hal itu. Sangat disayangkan, peningkatan kualitas hidup ditentukan oleh hal-hal baru yang kita alami. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penderita phobia ini bisa mempersingkat harapan hidup mereka sendiri.

4. Ablutophobia

Umumnya hal ini bukan menjadi ketakutan yang harus ditakuti, tetapi karena mungkin trauma masa kecilnya, mencuci atau mandi adalah hal yang sangat menakutkan bagi orang dewasa.

5. Geniophobia

Penderita phobia ini sangat takut akan dagu orang lain. Anda bisa membayangkan bagaimana mereka bisa berinteraksi dengan orang lain, jika melihat dagu saja mereka takut.

6. Deipnophobia

Pada saat sedang makan, biasanya tidak dianjurkan sambil berbicara . tapi pada penderita phobia ini, mereka akan sangat kelihatan cemas ketika diajak berbicara ketika makan.

Aneh bukan ??


Baca juga :  Karyawan Naik Gaji

Rabu, 11 Mei 2016

Gejala Phobia

TANDA DAN GEJALA PHOBIA




Kata Phobia sudah pastinya tidak asing lagi bagi anda semuanya, Tapi anda tahu ketakutan seperti apa yang disebut dengan phobia ? Tanda dan gejala yang seperti apa yang bisa dikatakan phobia ?

Jika anda belum tahu, hari ini saya akan membagikan tanda dan gejalanya untuk anda semua

Tanda dan gejala phobia :


1. Mengalami Over Alertness (Kewaspadaan yang berlebihan)
2. Tubuh gemetar
3. Mengalami rasa mual yang mengakibatkan muntah
4. Peningkatan rasa cemas yang berlebihan
5. Sesak nafas
6. Sakit kepala
7. Otot tegang
8. Munculnya keringat yang tidak normal atau berlebihan
9. Denyut jantung yang berdetak lebih cepat biasanya
10. Melakukan apapun untuk menghindari apa yang ditakuti
11. Hilangnya kemampuan berpikir realisitis dan selalu membayangkan hal buruk yang mungkin akan terjadi
12. Panik yang tidak terkendali saat berhadapan dengan sumber ketakutan


Jika ada tanda dan gejala yang tertulis diatas terjadi pada anda atau orang yang anda sayangi, itu bisa dikatakan sebagai phobia. Phobia harus segera diatasi, jangan dibiarkan berlarut-larut. Semakin lama phobia dibiarkan dalam kehidupan anda, maka semakin pula untuk dihilangkan. Tentunya anda tidak mau bukan ??

Baca juga :  Pasien RSJ Sudah Sembuh

Selasa, 10 Mei 2016

CARA MENGHILANGKAN PHOBIA

CARA MENGHILANGKAN PHOBIA




Jika anda mengalami phobia, segeralah melakukan penanganan agar tidak berpengaruh pada kehidupan sosial anda. Yang penting anda tidak harus malu jika anda mempunyai phobia karena tidak ada orang yang sempurna didunia ini.

Berikut saya bagikan beberapa cara untuk menghilangkan phobia, silahkan dibac dibawah ini

1. Hypnotherapy adalah proses penyembuhan phobia yang menggunakan cara hipnotis. Cara hipnotis menggunakan sugesti sugesti positif yang dipercaya dapat menghilangkan ketakutan seseorang terhadap objek yang ditakutinya.

2. Desentiasi sistematis adalah penyembuhan dengan cara membuat penderita santai dan rileks membayangkan suasana yang indah dan nyaman, kemudian baru sebuah objek yang ditakutinya dihadirkan.

3. Abreaksi adalah penyembuhan dengan menggunakan objek yang ditakuti. objek yang ditakuti itu diperlihatkan kepada penderita secara perlahan lahan dari jauh ke dekat.

4. Flooding adalah menempatkan penderita phobia pada objek yang ditakutinya, sampai akhirnya phobia hilang dengan sendirinya karena ia tidak merasakan ketakutan pada objek tersebut

5. Reframing adalah penyembuhan dengan membuat penderita membayangkan awal dia mengalami phobia tersebut dimasa lalu dan bercerita kepada yang mengobatinya

6. Obat-Obatan. Penyembuhan phobia yang satu ini sangat tidak dianjurkan karena memakai bahan kimia. Penggunaan obat untuk penderita phobia harus dilakukan beberapa kali dan sifatnya hanya bersifat pendamping saja. Contoh obat yang biasanya digunakan adalah antidepresan dan beta-blocker

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman. Terima kasih dan ditunggu artikel selanjutnya

To Be Continue .....


Baca juga : Cerita Lucu Ujian Nasional


Senin, 09 Mei 2016

Penyebab Phobia

FAKTOR PENYEBAB PHOBIA


Penyebab Phobia
Faktor Penyebab Phobia

Phobia dapat dialami oleh siapapun juga dari anak kecil hingga dewasa, pria hingga wanita.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan phobia dapat dialami oleh seseorang, yaitu :

1. Faktor dari Keturunan


Phobia ini disebabkan oleh riwayat anggota keluarga yang mempunyai ketakutan pada hal yang sama]seperti contoh : saat sedang mengandung anaknya, sang ibu mengalami pengalaman yang menakutkan terhadap ular, sehingga menyebabkan sang ibu mengalami phobia terhadap ular. kemudian ketakutannya ini diturunkan secara genetik pada anaknya 


2. Faktor dari Lingkungan 

Phobia jenis ini disebabkan oleh lingkungan yang kurang baik terhadap kondisi psikologi seseorang, sehingga menyebabkan dia menjadi takut atau mengalami kecemasan yang berlebihan. Contohnya seperti dilingkungan tempat tinggal sering terjadi yang namanya kerusuhan yang akhirnya menyebabkan seseorang intu mengalami phobia apabila mendengar suara teriakan yang sangat keras.

3. Faktor dari Kebudayaan

Phobia jenis ini disebabkan oleh suatu kebiasaan/ tradisi yang harus dipenuhi seseorang tapi dia tidak bisa mentaatinya, seperti contohnya, takut pada kebudaaya suatu daerah tertentu.




Minggu, 08 Mei 2016

Bagian dari Phobia

PHOBIAKU

Bagian- Bagian Dari Phobia




Phobia adalah rasa takut berlebihan yang dialami oleh orang terhadap suatu benda, situasi, bahkan terhadap seseorang, tetapi tidak beralasan dan sebab yang tidak jelas (tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya). 

Seseorang yang mengalami phobia itu akan mengalami ketakuatan, kecemasan yang tidak tetap alias berubah-ubah, sangat tidak rasional terhadap suatu objek atau situasi tertentu.

Phobia yang dapat dialami oleh seseorang itu banyak dan beragam macamnya, tetapi pada dasarnya phobia itu terbagi menjadi tiga bagian sebagai berikut :

1. Phobia spesifik

Phobia spesifik (sederhana) adalah sebuah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap suatu obyek atau dalam keadaan yang tertentu. Contoh phobia ini adalah : phobia pada binatang, ketinggian, temapat yang gelap, tempat yang tertutup rapat, dan lain sebagainya.

2. Phobia sosial

Phobia sosial adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap keadaan, situasi dan kondisi sosial. Contoh phobia ini adalah : Phobia menjadi terkenal, Phobia terhadap tempat yang didalamnya banyak orang, dan lain lain

3. Phobia kompleks

Phobia kompleks (rumit) adalah rasa takut yang sangat berlebihan terhadap tempat atau situasi yang ramai dan terbuka. Contoh phobia ini adalah : phobia naik kendaraan umum, phobia berada dipasar. dan lain sebagainya

Baca juga : Gara-Gara Nggak Ada Sinyal

Sabtu, 07 Mei 2016

JENIS-JENIS PHOBIA

PHOBIAKU


484 JENIS KETAKUTAN YANG ADA DIDUNIA


Mungkin salah satu dari Anda belum tahu jenis-jenis ketakutan (Phobia). Dibawah ini saya akan bagikan jenis-jenis ketakutan (Phobia).


484 Jenis Ketakutan (Phobia) :

    Takut Air – Hydrophobia
    Takut Agama – Theologicophobia
    Takut Alat Kelamin – Kolpophobia
    Takut Aliran Udara – Aerophobia
    Takut Alkohol – Methyphobia
    Takut Alkohol – Potophobia
    Takut Amnesia – Amnesiphobia
    Takut Anggur – Oenophobia
    Takut Angin – Ancraophobia
    Takut Angka – Arithmophobia
    Takut Angka 13 – Triskaidekaphobia
    Takut Angka 8 – Octophobia
    Takut Anjing – Cynophobia
    Takut Anjing Laut – Lutraphobia
    Takut Anus – Rectophobia
    Takut Api – Arsonphobia
    Takut Api – Pyrophobia
    Takut Awan – Nephophobia
    Takut Ayam – Alektorophobia
    Takut Ayan – Hylephobia
    Takut Badut – Coulrophobia
    Takut Bahan Kimia – Chemophobia
    Takut Bangunan Tinggi – Batophobia
    Takut Banjir – Antlophobia
    Takut Bapak Tiri – Vitricophobia
    Takut Batu Nisan – Placophobia
    Takut Bau Badan – Bromidrosiphobia
    Takut Bau Bauan – Olfactophobia
    Takut Bau Busuk – Autodysomophobia
    Takut Bawa Mobil – Amaxophobia
    Takut Bawang Putih – Alliumphobia
    Takut Bayangan – Sciaphobia
    Takut Bebas – Eleutherophobia
    Takut Belanda – Dutchphobia
    Takut Benang – Linonophobia
    Takut Benda di Sebelah Kanan – Dextrophobia
    Takut Benda di Sebelah Kiri – Levophobia
    Takut Berantakan – Ataxophobia
    Takut Berbicara – Laliophobia
    Takut Bercinta – Malaxophobia
    Takut Bercinta – Sarmassophobia
    Takut Berdosa – Hamartophobia
    Takut Berfikir – Phronemophobia
    Takut Berita Baik – Euphobia
    Takut Berjalan – Stasibasiphobia
    Takut Berjanji – Enissophobia
    Takut Berkhotbah – Homilophobia
    Takut Berlarut – Apeirophobia
    Takut Bersenggama – Coitophobia
    Takut Bertanggung Jawab – Hypegiaphobia
    Takut Binatang – Zoophobia
    Takut Binatang Liar – Agrizoophobia
    Takut Binatang Melata – Herpetophobia
    Takut Bintang – Astrophobia
    Takut Bintang – Siderophobia
    Takut Bintang Berekor – Cometophobia
    Takut Bom Atom – Atomosophobia
    Takut Boneka – Pediophobia
    Takut Boneka Bersuara Perut – Automatonophobia
    Takut Bosan – Xerophobia
    Takut Botak – Phalacrophobia
    Takut Buang Air Besar – Rhypophobia
    Takut Buku – Bibliophobia
    Takut Bulan – Selenophobia
    Takut Bulu Ayam – Pteronophobia
    Takut Bunga – Anthophobia
    Takut Bunga Es – Pagophobia
    Takut Bungkuk – Kyphophobia
    Takut Burung – Ornithophobia
    Takut Buta – Scotomaphobia
    Takut Cabut Gigi – Odontophobia
    Takut Cacing – Helminthophobia
    Takut Cacing – Scoleciphobia
    Takut Cacing Pita – Taeniophobia
    Takut Cacing Pita Babi – Trichinophobia
    Takut Cahaya – Photophobia
    Takut Cahaya dari Utara – Auroraphobia
    Takut Caplak – Phthiriophobia
    Takut Cemburu – Zelophobia
    Takut Cermin – Catoptrophobia
    Takut Cina – Sinophobia
    Takut Corak Baru – Cainophobia
    Takut Daerah Perbatasan – Claustrophobia
    Takut Daging – Carnophobia
    Takut Dagu – Geniophobia
    Takut Danau – Limnophobia
    Takut Darah – Hemaphobia
    Takut Debu – Amathophobia
    Takut Debu – Koniophobia
    Takut Demam – Febriphobia
    Takut Demam – Fibriophobia
    Takut Demo – Daemonophobia
    Takut dengan Seks – Erotophobia
    Takut Dewa – Zeusophobia
    Takut Di dalam Rumah – Oikophobia
    Takut di Ejek – Katagelophobia
    Takut di Hipnotis – Hynophobia
    Takut Di pandang – Opthalmophobia
    Takut Diabaikan – Athazagoraphobia
    Takut Dibatasi – Merinthophobia
    Takut Dibenci – Melophobia
    Takut Dicekik – Pnigophobia
    Takut Dicuri – Cleptophobia
    Takut Dihukum – Mastigophobia
    Takut Dihukum Berat – Rhabdophobia
    Takut Dikubur Sendirian – Taphephobia
    Takut Diluar Ruangan – Spacephobia
    Takut Dingin – Cheimaphobia
    Takut Dingin – Psychrophobia
    Takut Dinilai Negatif – Socialphobia
    Takut Diracun – Toxicophobia
    Takut Dirampok – Harpaxophobia
    Takut Disentuh – Aphenphosmphobia
    Takut Disentuh – Chiraptophobia
    Takut Disentuh – Haphephobia
    Takut Disuntik – Trypanophobia
    Takut Ditatap – Scopophobia
    Takut Ditertawakan – Catagelophobia
    Takut Ditinggal Sendiri – Eremophobia
    Takut Dokter Gigi – Dentophobia
    Takut Dubur – Proctophobia
    Takut Duduk – Cathisophobia
    Takut Duduk – Taasophobia
    Takut Duduk di Bawah – Kathisophobia
    Takut Emas – Aurophobia
    Takut Es Batu – Cryophobia
    Takut Fenomena Kosmis – Kosmikophobia
    Takut Filosofi – Philosophobia
    Takut Gagal – Atychiphobia
    Takut Gagap – Psellismophobia
    Takut Gatal – Acarophobia
    Takut Gatal – Pellagrophobia
    Takut Gedung Pertunjukan – Theatrophobia
    Takut Gelap – Achluophobia
    Takut Gelap – Lygophobia
    Takut Gelas – Hyelophobia
    Takut Gelombang – Kymophobia
    Takut Gembira – Cherophobia
    Takut Gerakan – Kinetophobia
    Takut Gereja – Ecclesiophobia
    Takut Getaran – Tremophobia
    Takut Gravitasi – Barophobia
    Takut Guntur – Ceraunophobia
    Takut Halloween – Samhainophobia
    Takut Hamil – Tocophobia
    Takut Hantu – Bogyphobia
    Takut Hantu – Phasmophobia
    Takut Hantu – Spectrophobia
    Takut Hujan – Ombrophobia
    Takut Hujan – Pluviophobia
    Takut Hukum – Dikephobia
    Takut Hukuman – Poinephobia
    Takut Hutan – Hylophobia
    Takut Hutan – Xylophobia
    Takut Hutan di Malam Hari – Nyctophobia
    Takut Ibu Tiri – Novercaphobia
    Takut Ide – Ideophobia
    Takut Ide Baru – Cenophobia
    Takut Ikan – Ichthyophobia
    Takut Inggris – Anglophobia
    Takut Insektisida – Entomophobia
    Takut Istilah Latin – Hellenologophobia
    Takut Jadi Gila – Lysssophobia
    Takut Jadi Homoseks – Homophobia
    Takut Jahudi – Judeophobia
    Takut Jalan – Ambulophobia,
    Takut Jamur – Mycophobia
    Takut Jarum – Aichmophobia
    Takut Jatuh – Basiphobia
    Takut Jatuh Cinta – Philophobia
    Takut Jelek – Cacophobia
    Takut Jembatan Penyeberangan – Gephydrophobia
    Takut Jenggot – Pogonophobia
    Takut Jenis Kelamin Berbeda – Heterophobia
    Takut Jepang – Japanophobia
    Takut Jerman – Germanophobia
    Takut Jerman – Teutophobia
    Takut Jomblo – Anuptaphobia
    Takut Jum’at ke 13 – Paraskavedekatriaphobia
    Takut Kabut – Homichlophobia
    Takut Kacang – Arachibutyrophobia
    Takut Kaget – Hormephobia
    Takut Kain Lap – Vestiphobia
    Takut Kain Satin – Satanophobia
    Takut Kalah – Kakorrhaphiophobia
    Takut Kanker – Carcinophobia
    Takut Kanker – Cancerophobia
    Takut Kata Kata – Logophobia
    Takut Kata Kata – Verbophobia
    Takut Kata Panjang – Hippopotomonstroses quippedaliophobia
    Takut Kata yang Panjang – Sesquipedalophobia
    Takut Katak – Ranidaphobia
    Takut Kaya – Plutophobia
    Takut Ke Sekolah – Didaskaleinophobia
    Takut Kecelakaan – Dystychiphobia
    Takut Kedalaman – Bathophobia
    Takut Kedokter – Iatrophobia
    Takut Kegelapan – Myctophobia
    Takut Kegelapan – Scotophobia
    Takut Kejatuhan Benda – Atephobia
    Takut Kekacauan – Demophobia
    Takut Kelahiran – Parturiphobia
    Takut Kelainan Bentuk – Dysmorphophobia
    Takut Kelamin Wanita – Eurotophobia
    Takut Kemajuan – Prosophobia
    Takut Kembali ke Rumah – Nostophobia
    Takut Kembung – Anginophobia
    Takut Kencing – Urophobia
    Takut Keramaian – Agoraphobia
    Takut Kerang-Kerangan – Ostraconophobia
    Takut Kereta Api – Diderodromophobia
    Takut Keriput – Rhytiphobia
    Takut Kerja Berlebihan – Ponophobia
    Takut Kertas – Papyrophobia
    Takut Kesakitan – Agliophobia
    Takut Ketinggian – Altophobia
    Takut Ketinggian – Hypsiphobia
    Takut Ketularan – Tapinophobia
    Takut Keturunan – Patroiophobia
    Takut Kezaliman – Tyrannophobia
    Takut Kilat – Brontophobia
    Takut Kodok – Bufonophobia
    Takut Komputer – Cyberphobia
    Takut Komputer – Logizomechanophobia
    Takut Kotor – Automysophobia
    Takut Kotoran – Myxophobia
    Takut Kriminal – Peccatophobia
    Takut Kristal – Crystallophobia
    Takut Kuburan – Coimetrophobia
    Takut Kucing – Ailurophobia
    Takut Kucing – Elurophobia
    Takut Kucing – Felinophobia
    Takut Kuda – Equinophobia
    Takut Kuda – Hippophobia
    Takut Kulit Binatang – Doraphobia
    Takut Kuman – Spermatophobia
    Takut Kunci – Chronomentrophobia
    Takut Kutu – Pediculophobia
    Takut Laba Laba – Arachnophobia
    Takut Laki Laki – Androphobia
    Takut Laki Laki – Arrhenophobia
    Takut Lampu Sorot – Selaphobia
    Takut Laut – Thalassophobia
    Takut Lawan Jenis – Sexophobia
    Takut Lebah – Apiphobia
    Takut Lecet – Amychophobia
    Takut Lelah – Kopophobia
    Takut Lembab – Hygrophobia
    Takut Lengket di Langit Mulut – Arachibutyrophobia
    Takut Listrik – Enochlophobia
    Takut Logam – Metallophobia
    Takut Lompat – Catapedaphobia
    Takut Luka – Dematophobia
    Takut Luka – Traumatophobia
    Takut Lumpuh – Poliosophobia
    Takut Lumpur – Blennophobia
    Takut Lutut – Genuphobia
    Takut Mabuk Udara – Aeronausiphobia
    Takut Makan – Phagophobia
    Takut Makan – Sitiophobia
    Takut Makanan – Cibophobia
    Takut Makanan – Sitophobia
    Takut Mal Praktek – Ergasiophobia
    Takut Malam – Noctiphobia
    Takut Maling – Scelerophobia
    Takut Mandek – Ankylophobia
    Takut Mandi – Ablutophobia
    Takut Marah – Angrophobia
    Takut Masak – Mageirocophobia
    Takut Mata Kabur – Diplophobia
    Takut Mata Mata – Ommatophobia
    Takut Matahari – Heliophobia
    Takut Matahari – Phengophobia
    Takut Mati – Necrophobia
    Takut Mati – Thantophobia
    Takut Melahirkan – Lockiophobia
    Takut Melahirkan – Maieusiophobia
    Takut Melarat – Peniaphobi
    Takut Melihat Massa – Ochlophobia
    Takut Membelakangi – Dishabiliophobia
    Takut Membuat Keputusan – Decidophobia
    Takut Membuat Perubahan – Tropophobia
    Takut Membuka Satu Mata – Optophobia
    Takut Membusuk – Seplophobia
    Takut Menari – Chorophobia
    Takut Mencium – Philemaphobia
    Takut Mendengar Kata Tertentu – Onomatophobia
    Takut Menderita – Panthophobia
    Takut Menganggur – Domatophobia
    Takut Mengingat – Mnemophobia
    Takut Menikah – Gamophobia
    Takut Menjadi Sakit – Nosemaphobia
    Takut Menstruasi – Monophobia
    Takut Menua – Gerascophobia
    Takut Menulis di Papan – Scriptophobia
    Takut Menunggu Lama – Macrophobia
    Takut Menyeberang – Agyrophobia
    Takut Menyeberang Jalan – Dromophobia
    Takut Merasa Nyaman – Hedonophobia
    Takut Mertua – Pentheraphobia
    Takut Mertua – Soceraphobia
    Takut Mesin – Mechanophobia
    Takut Meteor – Meterorophobia
    Takut Mikroba – Bacillophobia
    Takut Mikroba – Microbiophobia
    Takut Milik – Orthophobia
    Takut Mimisan – Epistaxiophobia
    Takut Mimpi – Oneirophobia
    Takut Mimpi Basah – Oneirogmophobia
    Takut Minum Obat – Pharmacophobia
    Takut Minuman – Dipsophobia
    Takut Mitos – Mythophobia
    Takut Mobil – Motorphobia
    Takut Monster – Teratophobia
    Takut Mukanya Merah – Ereuthophobia
    Takut Mulut Kejang – Tetanophobia
    Takut Muntahan – Emetophobia
    Takut Naik Mobil – Ochophobia
    Takut Naik Pesawat – Aerophobia
    Takut Naik Pesawat – Aviophobia
    Takut Nama Nama – Namatophobia
    Takut Neraka – Hadephobia
    Takut Neraka – Stigiophobia
    Takut Ngaca – Eisoptrophobia
    Takut Ngaceng – Ithypallophobia
    Takut Ngebut – Tachophobia
    Takut Ngengat – Mottophobia
    Takut Noda – Rupophobia
    Takut Nomer – Numerophobia
    Takut Nyeri – Algophobia
    Takut Nyeri – Odynephobia
    Takut Obat Baru – Neopharmaphobia
    Takut Ombak – Cymophobia
    Takut Operasi – Tomophobia
    Takut Orang Asing – Xenophobia
    Takut Orang Asing – Xenophobia
    Takut Orang Botak – Peladophobia
    Takut Orang Buntung – Apotemnophobia
    Takut Orang Suci – Hagiophobia
    Takut Otot Gerak Sendiri – Ataxiophobia
    Takut Panas – Thermophobia
    Takut Parasit – Parasitophobia
    Takut Paus – Papaphobia
    Takut Pelecehan Seksual – Agraphobia
    Takut Pelecehan Seksual – Contreltophobia
    Takut Peluru – Ballistophobia
    Takut Pembicaraan Dinner – Deipnophobia
    Takut Pemerkosa – Virginitiphobia
    Takut Pendapat – Allodoxaphobia
    Takut Pendeta – Hierophobia
    Takut Pengemis – Hobophobia
    Takut Pengetahuan – Epistemphobia
    Takut Pengetahuan – Gnosiophobia
    Takut Penis – Phallophobia
    Takut Penis Berdiri – Medorthophobia
    Takut Penis Loyo – Medomalacuphobia
    Takut Penyakit – Pathophobia
    Takut Penyimpangan Seks – Paraphobia
    Takut Peralatan Listrik – Electrophobia
    Takut Perancis – Francophobia
    Takut Perjalanan – Hodophobia
    Takut Perkara Hukum – Liticaphobia
    Takut Perubahan – Metathesiophobia
    Takut Petir – Astrapophobia
    Takut Pikiran – Psychophobia
    Takut Pin – Balenephobia
    Takut Pin – Enetophobia
    Takut Pingsan – Ashenophobia
    Takut Pohon – Dendrophobia
    Takut Politikus – Politicophobia
    Takut Pria – Hominophobia
    Takut Puisi – Mertophobia
    Takut Pusaran Air – Dinophobia
    Takut Rabies – Hydrophobophobia
    Takut Rabies – Kynophobia
    Takut Racun – Iophobia
    Takut Racun – Toxiphobi
    Takut Rambut – Chaetophobia
    Takut Rambut – Trichopathophobia
    Takut Rasa – Geumaphobia
    Takut Rayap – Isopterophobia
    Takut Reptil – Batrachophobia
    Takut Reptil – Herpetophobia
    Takut Ruang Kosong – Cenophobia
    Takut Ruangan – Koinoniphobia
    Takut Ruangan Kosong – Kenophobia
    Takut Rumah – Ecophobia
    Takut Rumah Sakit – Nosocomephobia
    Takut Rusia – Russophobia
    Takut Sakit Demam – Pyrexiophobia
    Takut Sakit Diabetes – Diabetophobia
    Takut Sakit Ginjal – Albuminurophobia
    Takut Sakit Jantung – Cardiophobia
    Takut Sakit Jiwa – Dementophobia
    Takut Sakit Jiwa – Maniaphobia
    Takut Sakit Kelamin – Cyprianophobia
    Takut Sakit Kolera – Cholerophobia
    Takut Sakit Kulit – Dermatophathophobia
    Takut Sakit Kusta – Leprophobia
    Takut Sakit Otak – Meningitiophobia
    Takut Sakit Syphilis – Syphilophobia
    Takut Sakit Syphillis – Luiphobia
    Takut Salib – Staurophobia
    Takut Salju – Chionophobia
    Takut Sama Gadis – Parthenophobia
    Takut Sapi Jantan – Taurophobia
    Takut Saudara – Syngenesophobia
    Takut Sayuran – Lachanophobia
    Takut Segala Sesuatu – Polyphobia
    Takut Segalanya – Panophobia
    Takut Sekitar Rumah – Eicophobia
    Takut Sekitar Rumah – Oikophobia
    Takut Sekolah – Scoionophobia
    Takut Seks – Genophobia
    Takut Semangat – Pneumatiphobia
    Takut Semut – Myrmecophobia
    Takut Sendiri – Isolophobia
    Takut Sendirian – Autophobia
    Takut Sendirian – Monophobia
    Takut Senjata Api – Hoplophobia
    Takut Senjata Nuklir – Nucleomituphobia
    Takut Sepeda – Cyclophobia
    Takut Serangga – Epistaxiophobia
    Takut Serangga – Insectophobia
    Takut Seruling – Aulophobia
    Takut Sesuatu dari Kiri – Sinistrophobia
    Takut Sesuatu yang Baru – Kainolophobia
    Takut Sesuatu yang Baru – Neophobia
    Takut Sesuatu yang Besar – Megalophobia
    Takut Sesuatu yang Kecil – Microphobia
    Takut Silau – Photoaugliaphobia
    Takut Simbol – Symbolophobia
    Takut Simetris – Symmetrophobia
    Takut Sinar X – Radiophobia
    Takut Situasi yang Menakutkan – Counterphobia
    Takut Skabies – Scabiophobia
    Takut Suara – Acousticophobia
    Takut Suara Keras – Ligyrophobia
    Takut Suara Telpon – Phonophobia
    Takut Subuh – Eosophobia
    Takut Sungai – Potamophobia
    Takut Surga – Ouranophobia
    Takut Surga – Uranophobia
    Takut Susah Be’ol – Coprastasophobia
    Takut Tabuhan – Spheksophobia
    Takut Tai – Coprophobia
    Takut Takut Anak Anak – Pedophobia
    Takut Tali – Cnidophobia
    Takut Tambah Berat – Obesophobia
    Takut Tambah Berat – Pocrescophobia
    Takut Tanaman – Batonophobia
    Takut Tangga – Climacophobia
    Takut Tanggung Jawab – Paralipophobia
    Takut Tantangan – Heresyphobia
    Takut Tawon – Melissophobia
    Takut TBC – Phthisiophobia
    Takut TBC – Tuberculophobia
    Takut Tebing – Cremnophobia
    Takut Teknologi – Technophobia
    Takut Tekstur Tertentu – Textophobia
    Takut Telanjang – Gymnophobia
    Takut Telanjang – Nudophobia
    Takut Telpon – Telephophobia
    Takut Tempat Sempit – Stenophobia
    Takut Tempat Terbuka – Agoraphobia
    Takut Tempat Tertentu – Topophobia
    Takut Tempat Tertutup – Claustrophobia
    Takut Tempat Tinggi Terbuka – Aeroacrophobia
    Takut Terbahak – Geliophobia
    Takut Terbang – Pteromerhanophobia
    Takut Tergantung pada Orang – Soteriophobia
    Takut Terkontaminasi Debu – Misophobia
    Takut Terkunci – Cleisiophobia
    Takut Tidak Sempurna – Atelophobia
    Takut Tidak Simetris – Asymmetriphobia
    Takut Tidur – Clinophobia
    Takut Tidur – Somniphobia
    Takut Tikus – Murophobia
    Takut Tikus – Suriphobia
    Takut Tikus Besar – Zemmiphobia
    Takut Tornado – Lilapsophobia
    Takut Tuhan – Theophobia
    Takut Tulisan Tangan – Graphophobia
    Takut Tuma – Verminophobia

Baca juga : Kisah Si Anto