Jumat, 13 Mei 2016

Phobia Sosial

Phobia Sosial





Phobia sosial adalah sebuah ketakutan dimana penderitanya mengalami kecemasan yang berlebihan pada situasi-situasi sosial tertentu, yang menyebabkan tekanan pada penderitanya.

Phobia sosial terbagi dua, yaitu :

1. Phobia sosial khusus

Phobia ini muncul ketika bertemu didalam situasi-situasi sosial tertentu saja

2. Phobia sosial umum

Phobia ini melibatkan rasa takut yang sangat sering, persisten dan sangat kronis karena perasaan si penderita sering dihakimi oleh orang lain dan dipermalukan atau dihina karena tindakan-tindakannya

Phobia sosial umum adalah yang paling parah, karena rasa takut ini cenderung muncul dimana saja. Ketakutan ini bisa dipicu oleh pengawasan yang berlebihan maupun perasaan diri sendiri yang selalu merasa diawasi..

Munculnya phobia ini pada usia dini cenderung mendorong munculnya penyalahgunaan obat-obatan , depresi berat, konflik psikologis atau sosial lainnya.

Gejala fisik yang sering terjadi muncul pada penderita phobia ini adalah cara bicara yang gagap bersamaan dengan kecepatan bicara yang terlampau tinggi, mual, gemetar, dan munculnya keringat yang berlebihan. Dari segi psikologis, serangan panik hebat mungkin bisa saja terjadi apabila rasa takut yang dialami penderita sangat luar biasa dan tak bisa dikendalikan.

Penanganan dini untuk phobia jenis ini sangat penting agar penderita phobia ini tidak mengalami penyakit tambahn lainnya seperti depresi. Banyak cara yang salah dilakukan oleh penderita sebagai upaya menghilangkan phobia ini seperti mengkonsumsi alkohol dan narkoba. Oleh sebab itu, maka phobia ini terkenal dengan sebutan penyakit kehilangan kesempatan atau peluang.

Tahukah anda bahwa phobia sosial ini adalah penyakit mental terbesar ketiga didunia  ????


Baca juga  : Orang Kata VS Counter HP



0 komentar:

Posting Komentar