Minggu, 10 Juli 2016

Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Yang Berlebihan


Sebenarnya pemalu bukan suatu sifat,itu hanya merupakan suatu reaksi yang selama ini sudah terbiasa dialami oleh seseorang,jika anda saat ini sedang di situasi yang biasa disebut orang orang pemalu.



Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan sifat pemalu yang anda punya, yakni :
1. Menilai diri secara obyektif dan jujur
Belajar menilai diri secara obyektif dan jujur. Susunlah daftar “kekayaan” pribadi, seperti prestasi yang pernah diraih, sifat-sifat positif, potensi diri baik yang sudah diaktualisasikan maupun yang belum, keahlian yang dimiliki, serta kesempatan atau pun sarana yang mendukung kemajuan diri.  Sadari semua asset-asset berharga Anda dan temukan asset yang belum dikembangkan. Pelajari kendala yang selama ini menghalangi perkembangan diri Anda, seperti : pola berpikir yang keliru, niat dan motivasi yang lemah, kurangnya disiplin diri, kurangnya ketekunan dan kesabaran, tergantung pada bantuan orang lain, atau pun sebab-sebab eksternal lain. Hasil analisa dan pemetaan terhadap SWOT (Strengths, Weaknesses, Obstacles and Threats) diri, kemudian digunakan untuk membuat dan menerapkan strategi pengembangan diri yang lebih realistik

2. Beri penghargaan yang jujur terhadap diri sendiri
Sadari dan hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang anda miliki. Ingatlah bahwa semua itu didapat melalui proses belajar, berevolusi dan transformasi diri sejak dahulu hingga kini. Mengabaikan/meremehkan satu saja prestasi yang pernah diraih, berarti mengabaikan atau menghilangkan satu jejak yang membantu Anda menemukan jalan yang tepat menuju masa depan. Ketidakmampuan menghargai diri sendiri, mendorong munculnya keinginan yang tidak realistik dan berlebihan; contoh: ingin cepat kaya, ingin cantik, populer, mendapat jabatan penting dengan segala cara. Jika ditelaah lebih lanjut semua itu sebenarnya bersumber dari rasa rendah diri yang kronis, penolakan terhadap diri sendiri, ketidakmampuan menghargai diri sendiri – hingga berusaha mati-matian menutupi keaslian diri.

Dan selalu berikan pujian pada diri sendiri,Jangan sampai tunggu pujian pada orang lain waktu diri sendiri memang berhasil lakukan ataupun mencapai satu hal. Awalilah berikanlah pujian sekecil apapun pada diri sendiri. Mempunyai bentuk juga berbagai misalnya beli satu barang yang memang telah lama diri sendiri idam-idamkan. Selama saat batas yang wajar, berikanlah pujian pada diri sendiri jadi tingkatkan diri sendiri untuk semakin semangat saat lakukan tugas-tugas pekerjaan kemudian.

3. Seni Small Talk
Kecenderungan sifat pemalu kadang-kadang ketika terlibat dalam pembicaraan ringan akan merasa sangat jenuh dan melelahkan. Pikiran, emosi dan perasaan sangat bertentangan dengan hal itu, dan lebih menyukai pembicaraan yang berbobot yang mampu menunjukan kepada semua orang tentan beberapa konsep dan ide cemerlang, sebenarnya itu tidak apa-apa.

Tapi tidak ada salahnya jika mencoba mempelajari cara ngobrol dengan topik yang ringan. Hal tersebut akan memudahkan mendapatkan teman yang banyak dalam waktu yang singkat.

Memulai obrolan dengan membahas topik-topik terkini yang disenangi dan kuasai. Untuk menyamankan berkomunikasi lebih lama dengan mereka, anda bisa mengarahkan apa yang akan dibicarakan secara lebih mendalam. Dengan begitu obrolan berat akan mengalir dengan sendirinya. Bukankah menikmati obrolan yang seperti itu ?. sesekali sisipi obrolan berat  dengan cerita lucu yang berkaitan dengan topik yang diangkat.


4. Merencanakan waktu untuk bergaul 

Anda perlu keluar dari zona nyaman ketika sendirian jika kamu ingin punya teman dan bisa bergaul serta berinteraksi dengan orang lain secara baik. Tidak harus melakukan hal itu setiap hari. Cukup meluangkan beberapa hari dari waktu nyaman ketika sendiri. Gunakanlah saat waktu itu datang dengan baik dan maksimal.

Jika terpaksa tidak bisa merasa nyaman dengan waktu bergaul yang terlalu lama, cobalah untuk berbicara kepada mereka tentang kondisi seperti itu.

Tips sederhana yang diatas adalah pondasi awal untuk anda melangkah selanjutnya belajar menjadi lebih percaya diri yang maksimal,jika serius melakukannya,bukan tidak mungkin dalam waktu kurang dari satu bulan,anda akan merasakan perubahan yang diinginkan.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat bagi anda.


0 komentar:

Posting Komentar