Kamis, 16 Juni 2016

FOMO Phobia

FOMO Phobia



Fear of Missing Out atau yang lebih dikenal dengan sebutan FOMO ini makin banyak diderita seiring perkembangan teknologi. Klik di sini buat tahu lebih banyak soal FOMO phobia. Nah, salah satu bentuk fobia ini merupakan ketakutan berlebihan akan ketinggalan informasi dan hal-hal yang terjadi di dunia maya. Kali ini saya akan membagikan fakta mengenai FOMO Phobia dan cara menghindarinya, silahkan dibaca dibawah ini ya




Ada beberapa fakta mengenai FOMO Phobia, yakni : 
1. Penderita FOMO mengecek media sosial mulai dari 30 detik sampai 5 menit sekali dalam sehari.
2. Penderita FOMO kesulitan dalam memanajemen waktu.
3. Penderita FOMO secepat mungkin mengecek media sosial mereka ketika bangun tidur.
4. 62% penduduk Afrika terkena FOMO fobia.
5. Penderita FOMO kebanyakan berusia dari 16 sampai 35 tahun.
6. Penderita FOMO menghabiskan waktu membuka Facebook selama kurang lebih 400 menit setiap harinya.
7. 8 dari 10 penderita FOMO percaya orang memakai media sosial buat menunjukan siapa dirinya dan apa saja yang dia lakukan.
8. Penderita FOMO merasa profilnya di Facebook, Twitter dan media sosial lainnya penting untuk menggambarkan kepribadian mereka yang sebenarnya.

Ada beberapa tips yang bisa anda hindari sebelum anda termasuk penderita FOMO Phobia ini, yaitu sebagai berikut : 

- Sadari yang ada di socmed enggak selalu benar

Kita pasti pernah merasa penasaran atau bahkan iri melihat keseruan aktivitas teman-teman kita yang mereka upload di socmed. Nah, perasaan ini akan terus mendukung kita jadi kepo sama kehidupan dia dan mungkin teman-temannya yang lain. Alhasil kita pun jadi sibuk kepo membuka-buka akun sosmed mereka selama berjam-jam dan selalu penasaran merek akan meng-upload kegiatan seru apa lagi.

- Coba lepaskan gadget dalam waktu lama

Coba melepaskan diri dari gadget yang memudahkan kita mengakses socmed dalam waktu cukup lama. Misalnya mematikannya saat belajar di kelas. Terus saat libur di rumah, tinggalkan hape di kamar dan sibukanlah diri kita berkegiatan bareng keluarga di ruangan lain. Cukup cek hape sesekali saja.

- Batasi waktu membuka sosmed

Mengurangi waktu mengakses socmed jadi cara paling ampuh menghindari FOMO. Pokoknya kita harus tetap eksis di dunia nyata. Misalnya cukup meluangkan waktu sebanyak tiga sampai lima kali setiap harinya. Misalnya saat istirahat sekolah, pulang sekolah dan malam hari saat santai di rumah. Jadi enggak mesti setiap menit cek hape untuk melihat kabar terbaru di socmed. Batasi juga waktu kita mengecek socmed setiap kalinya sekitar lima sampai sepuluh menit. Jangan lebih.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, terima kasih dan ditunggu komentarnya ya


0 komentar:

Posting Komentar