Sabtu, 02 Juli 2016

5 Phobia Unik Sepanjang Masa

5 Phobia Unik Sepanjang Masa


Wajar jika seseorang memiliki ketakutan tersendiri terhadap sesuatu yang memang menyeramkan. Namun bagaimana jika rasa takut itu muncul pada sesuatu yang umum seperti sayur atau keju?

Ya, fobia merupakan salah satu dari gangguan ansietas, yaitu adanya perasaan takut berlebihan karena adanya situasi atau objek tertentu yang dianggap mengancam, sehingga seseorang akan selalu menghindari situasi atau objek tersebut. Tak melulu terjadi saat berhadapan dengan objek seram, fobia terhadap sesuatu yang biasa juga bisa terjadi.

Berikut ini adalah 5 Phobia unik sepanjang masa, seperti ini : 

1. Takut bekerja


Kondisi yang kerap disebut sebagai ergofobia ini merupakan rasa takut tak wajar akan pekerjaan atau lingkungan kerja. Jenis fobia ini umumnya berupa kombinasi dari rasa takut akan beberapa hal, termasuk di antaranya takut gagal mengerjakan tugas, takut berbicara di depan umum, takut bersosialisasi dan takut mengalami tekanan mental akibat situasi di lingkungan kerja.

2. Takut pada sayur-sayuran


Rasa takut berlebihan terhadap sayur atau yang dikenal sebagai lachanophobia merupakan salah satu contoh fobia unik. Bagaimana tidak, sayur merupakan objek yang sangat umum dan bahkan justru berguna bagi kesehatan tubuh.

Meskipun demikian, mereka yang mengidap lachanophobia justru merasa ketakutan luar biasa hanya dengan melihatnya.

Salah satu yang mengalaminya adalah Vicki Larrieux (27). Gadis asal Portsmouth ini didiagnosis dengan lachanophobia. Rasa panik dan tegang selalu muncul seketika jika dirinya melihat sayuran. Selama hidupnya, Larrieux hanya makan daging, kentang, sereal atau apel. Ia menolak jika diberi makan sayur, terutama wortel.

3. Takut jatuh cinta


Jika orang berlomba-lomba untuk menemukan pasangannya, maka mereka yang mengidap fobia jatuh cinta atau filofobia justru enggan melakukannya. Menurut istilah medis, pengidap filofobia justru mengalami takut berlebihan terhadap jatuh cinta dan membuat komitmen. Biasanya kondisi ini muncul sebagai akibat dari trauma di masa lalu yang membuatnya kapok untuk jatuh cinta. 

4. Takut keju


Bagi sebagian orang, keju merupakan salah satu jenis kudapan yang difavoritkan karena rasanya yang gurih dan manfaatnya yang besar bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi. Namun bagi sebagian lainnya, keju justru merupakan objek yang sangat menyeramkan.

Ya, bagi mereka yang fobia terhadap keju, atau yang sering disebut sebagai turofobia, kudapan ini justru membuatnya takut setengah mati.

Sebagian pengidap turofobia takut pada beberapa jenis keju saja, namun sebagian lainnya takut terhadap semua jenis keju.


5. Takut mandi


Takut berlebihan terhadap aktivitas biasa seperti mencuci atau mandi disebut juga sebagai ablutofobia. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun diduga ketakutan ini bisa saja muncul sebagai akibat dari trauma di masa lalu, emosi yang tidak stabil atau ada pengalaman menyedihkan. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat menambah wawasan anda.

Baca juga : Turis Di Kebun Binatang

0 komentar:

Posting Komentar